Featured Article

Selasa, 25 Desember 2012

Memaknai Kerja

 " Dialah yang menjadikan bumi ini mudah bagimu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rizki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan." (QS. Al-Mulk : 15) 

Bekerja merupakan hal yang penting dalam Islam. Islam menganjurkan agar kita bekerja sebagai bentuk ketaatan kita kepada Alloh SWT. Dengan bekerja akan dapat menentukan martabat seseorang  di lingkungan masyarakat.  Islam akan membukakan pintu kerja setiap orang sesuai dengan minat dan kemampuannya, tentunya dengan berusaha. Alloh SWT telah berjanji akan memberikan rezeki kepada semua makhluk-Nya. Tentunya janji dari Alloh ini harus diiringi dengan ikhtiar/berusaha menjemput rezeki-Nya.

Minggu, 09 Desember 2012

Muslimah


Oh muslimah
Allah cinta kepadamu
Rasulullah kasih kepadamu
Oh muslimah
Berbahagialah kau telah dilahirkannya dengan mulia
Subhanallah
Tuhan telah berkati wanita yang cukup ilmu
Rendah hati
Oh muslimah
busanamu menutup rapi
auratmu kau lindungi dengan indahnya
Oh muslimah
kau rajin memuji
Islam kau jadikan ikutan sejati
Oh muslimah
memandangmu menyejuk hati
menundukkan nafsu hati yang goyah
Keayuan wanita solehah indah peribadi
Tulus hatinya
Oh muslimah
Kecantikan yang sebenar
Pada tutur kata penuh berhikmah
Mempertahan kehormatan dirimu
dengan pakaian mentaati Allah
Oh muslimah
Kau masuk ke syurga
Solat lima waktu dan berpuasa
Menundukkan pandangan matamu
Mentaati suami yang tercinta
Oh muslimah
Kau rajin mengaji
Islam kau jadikan
Ikutan sejati
(Muslimah - Nazrey Johani)

Rabu, 05 Desember 2012

Senyumku adalah Syukurku

Tersenyum, betapa mudahnya hal ini dilakukan oleh setiap orang. Tersenyum dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak -anak kecil sampai orang yang sudah lanjut usia. Tersenyum bagi sebagian orang lebih dari sekedar ungkapan senang atau bahagia. Bagi kita sebagai seorang Islam, senyum adalah sedekah yang dapat mendatangkan pahala. Seperti sabda Rosululloh SAW ; 

"Senyummu di depan saudaramu adalah sedekah." (HR. Tirmidzi)

Namun demikian, kita masih sering saja menemui saudara-saudara kita atau mungkin bahkan kita sendiri yang "pelit" menampilkan senyum saat berjumpa dengan saudara atau orang lain. Banyak orang-orang di luar sana yang banyak memasang wajah cemberut dan buram, seolah-olah beban hidup mereka termat sangat berat.

Senin, 26 November 2012

Jangan Galau Merencanakan Nikah


Ketika seorang muslim baik pria atau wanita akan menikah, biasanya akan timbul perasaan yang bermacam-macam. Ada rasa gundah, resah, risau, bimbang, termasuk juga tidak sabar menunggu datangnya sang pendamping, dll. Bahkan ketika dalam proses taaruf sekalipun masih ada juga perasaan keraguan. Berikut ini sekelumit apa yang bisa saya hadirkan kepada pembaca agar dapat meredam perasaan negatif dan semoga mendatangkan optimisme dalam mencari teman hidup. Semoga bermanfaat buat kaum muslimin semuanya. Saya memohon kepada Allah semoga usaha saya ini mendatangkan pahala yang tiada putus bagi saya. Diperhatikan juga agar menikah untuk memperhatikan tuntunan Islam, yaitu memilih calon dengan memilih agamanya, yang seiman, inilah syarat yang utama agar mendapat semua kebaikan yang Allah janjikan

Sabtu, 24 November 2012

Palestina Kita Sayangi

Palestina....
Apa kabarmu sekarang??

Hampir dua pekan ini mata dan telinga ini selau di suguhi berita tentang Palestina. Ya, Palestina.  Sebuah negara di Timur Tengah yang sampai sekarang masih terus di landa konflik dengan orang-orang  "ISRAHELL" laknatullah. 

Di saat kami tidur nyenyak di atas kasur yang nyaman, mungkin kau sedang bersiap siaga memegang senjata. Di saat pemuda dan pemudi kami bersuka ria dan berfoya-foya, maka anak -anak kecil kalian tengah menantang tank baja dengan kerikil dan batu di tangan. Di saat kami disuguhi tayangan-tayangan kemaksiatan, maka rakyatmu berdarah-darah mempertahankan izzah Islam di bumi. 

Kamis, 15 November 2012

Pisah..


Masih teringat jelas, kurang lebih 6 bulan yang lalu kuinjakkan kaki ini di tanah kelahiranmu. Dengan rasa malu-malu ku berkenalan denganmu. Awal mula ku merasa bahwa akan kujalani dakwah ini di daerahmu hanya seorang diri. Lama kelamaan ternyata ku mengenalmu, yang ternyata kita memiliki kesamaan dalam dakwah. Ku bersyukur dapat mengenalmu. Ternyata aku tidak sendirian dalam melanjutkan dakwah ini di daerah yang masih terasa asing bagiku. Aku  menemukan seorang teman yang sekaligus kuanggap sebagai kakakku sendiri.

Sambutan senyum ikhlasmu selalu menghiasi hari-hari ku dalam menjalani kerja dan dakwah ini. Canda tawa selalu menghiringi perjalanan dakwah kita. Dalam bekerja dan mengaji tak luput dari senyum ikhlasmu. Ku semakin bahagia dan bangga mengenal dan menjadi salah satu saudaramu. Kesederhanaanmu dalam memimpin dan mendidik istri dan anak-anakmu semakin membuatku bahagia sekaligus haru. aku harus banyak belajar darimu.

Enam bulan terlalu singkat ku mengenal dirimu. Enam bulan juga adalah waktu saat-saat kita semakin akrab dalam eratnya ukhuwah. Surat perintah mutasi sampai kepada diriku, memaksaku harus pindah meninggalkanmu serta teman-teman. Berat sekali diri ini harus berpisah denganmu. Engaku sudah kuanggap sebagai seorang saudara sekaligus kakakku sendiri. Aku tak percaya, aku sangat sedih, aku ingin menangis. Tapi apa daya diri ini, aku tak kuasa. Kita harus berpisah...!! Sedih, haru mewarnai hari-hariku menjelang kita berpisah.

Aku berpamitan pisah darimu. Sepanjang perjalanan menuju rumahmu, ku berusaha tegar menahan rasa haru dan sedih. Sekuat dan setegar apapun diri ini menahan perpisahan denganmu, air mata ini tak terbendung juga. Air mataku banjir meleleh membasahi pipi ini. Ku lihat engkau yang berusaha tegar, ternyata tak dapat menahan rasa haru dan sedih juga. Ku memelukmu. Air mata ini semakin deras. Melihat anakmu yang masih 3 tahun semakin membuatku haru. Aku menangis, aku sedih, aku haru, aku gagap dalam berbicara denganmu. Ku berjanji akan menjaga silaturahim kita, sering mengunjungimu di waktu luang, membelikan mainan untuk anakmu. 

Sepanjang perjalanan naik motor ku terus menangis. Kututup muka ini dengan helm dan masker. Tak ada seorangpun di luar sana yang tahu bahwa aku terus menerus menangis selama 1 jam lebih. Sampai sekarang aku masih sedih, haru karena kita harus berpisah. Kenangan bersamamu tak akan kulupakan

Ya Alloh..jagalah silaturahim di antara kita.. Amiin

Kan kuutuskan salam ingatanku 
Dalam doa qudusku sepanjang waktu
Ya Alloh bantulah hambaMu,
Senyuman yang tersirat di bibirmu
Menjadi ingatan setiap waktu
Tanda kemesraan bersimpul padu
Kenangku di dalam do'amu

Mencari hidayah daripadaMu
Dalam mendidikkan kesabaranku
Ya Alloh tabahkanlah hati hambaMu
Di atas perpisahan ini

(Brother - Do'a Perpisahan)





Minggu, 28 Oktober 2012

BSM Banking Staff Program Angkatan 33

Assalamualaikum...sudah lama sekali saya menelantarkan blog ini.. sudah lama pula saya g silaturahim ke temen2 di dunia blog.. Sekedar ngasih kabar saja buat temen2 lain bahwa saya masih tetep eksis di dunia ini. hehehehe..

                                                        Peserta Banking Staff Program Angkatan 33 di Solo

Foto di atas di ambil pada tanggal 8 Oktober 2012. Foto bersama Bapak Achmad Syaifudin dari Learning Center Division BSM Pusat dan Bapak Subagyo Manager Operasi BSM KC Solo.

                                            Narsis dulu ah..paling ganteng sendiri kan...?! mirip boyband aja hehehehe..



                                     



                                              Makan malam saja mesti harus tampil ganteng..hehehehe
                                 




                                               Foto hari terakhir Bsnking Staff Program tgl 16 Oktober 2012

Foto bersama hari terakhir BSM Banking Staff Prgram di Solo tanggal 16 Oktober 2012..Huhuhu..jadi sedih deh kalo inget..

Sabtu, 15 September 2012

Sedikit

Bangun pagi waktu shubuh, berangkat pagi -pagi, pulang malam.menyisakan kecapaian yang sangat luar biasa,. lima kali dalam sepekan. Seakan -akan engkau merampas hak-hak ku dalam hidup yang sementara ini. Masih ingat dengan sangat jelas, ketika aku mengejarmu sampai pontang-panting kesana -kemari.,  Namun apa yang kudapat sekarang ?? Mungkin aku salah memenej waktu, sehingga sampai saat ini aku masih jadi berantakan. Jum'at sore pun tiba. Ku pacu sepeda motor ku yang sudah cukup tua. Perlahan tapi pasti. Sampai akhirnya kupacu motorku dengan sangat cepat, 80 km/jam. Jalan Raya Solo - Jogja yang masih ramai tak kupedulikan. Bagiku yang terpenting adalah agar segera cepat sampai rumah, kumpul sama ayah ibu dan adik. Yang tak kalah penting juga bagiku adalah agar segera melepas kepenatan ku selama lima hari yang lalu. Terkadang aku merindukan saat-saat masih "nganggur" dulu bersama teman-teman seperjuangan di kampus. Oh..sungguh nikmatnya aku dapat banyak meluangkan waktu untuk-Mu...Namun sekarang aku hanya sedikit meluangkan untuk-Mu...
Sekarang ini...di malam hari ini...aku merindukan saat-saat dahulu agar kembali lagi...maafkanlah atas segala kekhilafanku...
Aku mohon kembalikan hidayah-Mu agar menyinari jiwaku yang redup ini........

Rabu, 22 Agustus 2012

Izinkan Aku Ber (Cuti) Lebaran Sekali Lagi

Assalamu'alaikum... 

Fitrianto ingin mengucapkan "Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1433 H" kepada semua rekan-rekan blog.. (maaf lho walo sudah lumayan telat). Taqobalallohu Minna Wa Minkum.. Taqobal Yaa Kariim.. 

Tak terasa Romadhon dan Hari Raya Iedul Fitri 1433 H telah kita lalui dan cuti bersama telah hampir usai. Bagi sobat yang kerja atau kuliah atau apalah yang merantau di jarak jauh dengan rumah., mungkin cuti lebaran kali ini terasa sangat singkat. Ingin rasanya berlama-lama lagi di rumah untuk berkumpul dengan keluarga tercinta. Momen yang tidak setiap hari dapat kita rasakan, sekali dalam setahun hampir semua keluarga hadir. ingin rasanya lebih berlama-lama lagi... Hmmm.. itulah yang saya rasakan saat ini..

Minggu, 12 Agustus 2012

Aku, Kamu, dan Mereka adalah Saudara..

Assalamua'alaykum... Salam hangat dan ukhuwah bagi kita semua

Pelik rasanya hati ini ketika mendengar saudara-saudara kita seakidah  di bumi lain mengalami penindasan dan kezhaliman oleh orang-orang yang benci dengan Islam. Masih sangat segar dalam ingatan dan mata kita, bagaimana kita menyaksikan saudara -saudara muslim kita di Rohingya- Myammar di tindas dan diusir dari bumi kelahiran mereka sendiri oleh pemerintah mereka yang zhalim, yang disebabkan karena mereka muslim.

Di belahan bumi lain, kita juga sangat sering menyaksikan dan mendengar saudara -saudara kita yang muslim juga mengalami kezhaliman dan penindasan. Palestina, Khasmir, Muslim Moro di Mindanau (Philipina), Suriah Muslim Uighur di China, serta belahan bumi lainnya banyak umat Islam menaglami penindasan. Banyak dari mereka tidak dapat menjalankan aktivitas ibadah secara leluasa, karena penuh ancaman dan ketakutan.

Minggu, 22 Juli 2012

Ramadhan........

Ramadhan...Ramadhan..Ramadhan..

Ramadhan...Ramadhan..Ramadhan..
Marhaban yaa Ramadhan...
Marhaban yaa Ramadhan...



Ramadhan, memang seharusnya aku tak menyalahkan siapa-siapa,

 Akulah diri yang bebal dan kepala batu. Maka selamat datang, Ramadhan: Selamat datang iklan sirup Marjan. Selamat datang iklan Promag. Selamat datang Om Deddy Mizwar. Selamat datang kolak dan acar bawang. Selamat datang perdebatan NU dan Muhammadiyah. Selamat datang acara-acara sahur penuh hadiah dan hiburan. Selamat datang diskon-diskon yang menggiurkan. Ah, betapa aku merindukan kalian! 
(Fahd Djibran)

Ah..Betapa diri ini masih lemah iman ketika engkau datang..
Aku harap engkau dapat memberiku keberkahan......
Izinkan aku kali ini menikmati Ramadhan....
Aku mengharapkan Ramadhan kali ini penuh makna dan keberkahan....



Minggu, 17 Juni 2012

Jangan Mengeluh..!

Manusia memang diciptakan memang mempunyai sifat keluh kesah. Mengeluh karena banyaknya masalah yang dihadapi, mengeluh karena  "merasa" rizkinya kurang, mengeluh karena hal - hal sepele (panas, hujan, dingin, dll). Memang manusia itu gampang sekali berkeluh kesah.. (termasuk saya..). Hampir tiap hari kita dapat mendengar keluh kesah dari orang - orang sekitar kita atau mungkin bahkan kita sendiri yang mengeluh.., entah dari masalah hal-ahal sepele sampai hal hal yang berat. Sekali lagi saya katakan bahwa manusia itu memeng mudah sekali mengeluh..!!

Sikap mengeluh secara tidak kita sadari menunjukkan sifat kekerdilan jiwa dan mencari pembenaran sendiri. Biasanya orang yang sering mengeluh akan mencari penyebab permasalahannya. Padahal tanpa disadari, masalah itu muncul dari diri mereka sendiri, buakan orang lain.

Sabtu, 09 Juni 2012

Belajar Qona'ah

Pengertian Qona'ah

Qona'ah : merasa ridha dan cukup dengan pemberian rezeki yang Alloh SWT berikan.
Sifat qona'ah adalah salah satu ciri sifat yang menunjukkan kesempurnaan iman, karena sifat ini menunjukkan keridhaan orang yang memilikinya terhadap segala ketentuan dan takdir Alloh SWT, termasuk dalam hal pembagian rezeki.

Dalam sebuah hadits disebutkan: Dari Abdullah bin 'Amr bin al 'Ash, bahwa Rosululloh SAW bersabda:
"Sungguh sangat beruntung orang yang masuk Islam, kemudian mendapatkan rezeki yang secukupnya dan Alloh menganugerahkan kepadanya sifat qona'ah (merasa cukup dan puas) dengan rezeki yang Alloh berikan kepadanya." (HR. Muslim no.1054)

Sabtu, 26 Mei 2012

Rojab, Sya'ban, Ramadhan

Assalamu'alikum...Apa kabar sahabat?? Hm..tak terasa sekarang sudah memasuki bulan Rajab. Sebentar lagi juga akan datang bulan Sy'aban. Itu artinya???? Marhaban Yaa Ramadhan...!! Ya..insya Alloh kurang dari dua bulan lagi kita akan memasuki bulan yang penuh rahmat, bulan penuh ampunan, bulan penuh keberkahan.., yaitu bulan Ramadhan..Yaa Alloh sampaikanlah usia kami untuk merasakan nikmatnya "jamuan agung"-Mu di bulan yang suci nan mulia itu. Karuniakanlah kami kesempatan sekali lagi untuk merasakan keberkahan, rahmat, serta maghfirah-Mu di bulan Ramadhan tahun ini..

Maka dari itu sahabat, marilah kita senantiasa memohon kepada Alloh SWT agar Ia memberikan kesempatan kepada kita untuk merasakan keberkahan di bulan Ramadhan tahun ini. Oleh karena itu kita tidak ingin kesempatan Ramadhan tahun ini terlewat begitu saja bukan?? Maka dari itu, mulai dari sekarang ayo sama-sama kita mempersiapkan diri ini untuk menyambut bulan agung ini jauh-jauh hari. Mumpung ini masih dalam bulan Rojab, mari kita persiapkan mulai saat ini. Persiapan kita dalam menyambut Ramadhan dapat bermacam-macam; mulai dari persiapan fisik (jasadiyah), ilmu (fikriyah), ruhiyah, serta persiapan harta (maaliyah).

Kamis, 17 Mei 2012

Sang Murabbi



 Ribuan langkah kau tapaki 
Pelosok negri kau sambangi 

Ribuan langkah kau tapaki 

Pelosok negri kau sambangi 


Tanpa kenal lelah jemu 
Sampaikan firman Tuhanmu 
Tanpa kenal lelah jemu 
Sampaikan firman Tuhanmu 

Terik matahari 
Tak surutkan langkahmu 
Deru hujan badai 
Tak lunturkan azzammu 

Rabithah



Sesungguhnya Engkau tahu bahwa hati ini tlah berpadu
Berhimpun dalam naungan cinta-Mu
Bertemu dalam ketaatan, bersatu dalam perjuangan
Menegakkan syari’at dalam kehidupan...

Kuatkanlah ikatannya, kekalkanlah cintaNya
Tunjukilah jalan-jalannya
Terangilah dengan cahayaMu, yang tiada pernah padam
Ya Robbi bimbinglah kami...

Lapangkanlah dada kami, dengan karunia iman
Dan indahnya tawakal padaMu
Hidupkan dengan ma’rifatMu,
Matikan dalam syahid di jalanMu

Engkaulah pelindung dan pembela...


(Rabithah- Izzis)

Sabtu, 05 Mei 2012

Hai..Pa Kabar ?

Assalamu'alaykum.. Hai sob..pa kabar? Semoga baik-baik saja serta dalam lindungan Alloh SWT selalu..Amiiin. Hufh..hampir satu pekan ini saya tidak buka blog..hmmm..rasanya luamaaaa banget.. maaf ya..ga sempet silaturahim ke blog-blog kalian. Bukan tanpa sebab..atau bukan karena saya males nulis. Kurang lebih satu minggu ini saya lagi ada agenda di pekerjaan baru saya yang dilaksanakan di Solo, jadi ga sempet buka blog karena laptop ditinggal di rumah.... Ya ampuunnnn rasanya dunia ini sempiiitttt sekali jika sehari saja tak online; entah buka blog atau nyari info-info berita. Hampir satu pekan pula, saya ga tahu info-info berita di negeri ini. Hanya sekilas mendengar sesaat kabar tentang meninggalnya mantan Menteri Kesehatan RI yang beberapa hari  sebelumnya bilang mengundurkan diri. Itupun hanya sebatas kabar dari teman. 

Senin, 30 April 2012

Hmmm..Markisa :)

Beberapa bulan ini, di halaman belakang rumah banyak buah markisa yang sudah masak.. Ini pertama kalinya pohon markisa ini berbuah setelah hampir 1 tahun di tanam. Memang sih, buah ini tergolong cepet pertumbuhannya, jika perawatannya baik. Awalnya saya penasaran seperti apa sih bentuk buahnya, rasanya, khasiatnya?? Biasanya mengkonsumsi buah ini hanya berupa sirup saja.  Ehmmm...jadi penasaran.

Rabu, 25 April 2012

Hore..! Dapet Bingkisan

Hahahaha..hehehe..hihihihi..hohoho.. :)
Pertama kali denger, baca, dan dapat bingkisan dari si usil Mahfudz Al Fawwaz rasanya pengen ketawa aja. Habis namanya lucu sih.."Bingkisan Kecil Untuk Sahabat". Kenapa ga sekalian Parcel aja ya..hehehehe.. Tapi aneh nya setelah ku cari-cari tuh bingkisan dengan mengobrak-abrik blog nya, ternyata ga kutemukan...#gubrak.., pusing kepala dech -__- !!. Menurutku yang namanya bingkisan itu isinya kalo ga makanan ya sebuah barang yang bermanfaat. Eh...ternyata dia malah nyuruh nempel sebuah banner. Kata dia sih..blog ku salah satu yang menginspirasi dia dalam berkarya dan memberi motivasi.. ..(wah..!! yang bener aja..??).. Yawdah dech..sebagai rasa hormat, ku pasang nih banner yang kudapat dari si usil Mahfudz Al Fawwaz
Tak lupa..ku ucapkan syukron atas pemberian bingkisan-nya. Oya laen kali ngasihnya jangan bingkisan ya..Parcel aja kalo bisa..hehehehehe...

Senin, 23 April 2012

Ibu Bilang...

Ibu bilang.. hidup ini harus penuh dengan sederhana..
Ibu bilang.. hidup ini harus penuh dengan sederhana..
Ibu bilang.. hidup ini harus penuh dengan sederhana..
Ibu bilang.. hidup ini harus penuh dengan sederhana..
Ibu bilang.. hidup ini harus penuh dengan sederhana..


Ibu bilang..bersyukurlah selalu..
Ibu bilang..bersyukurlah selalu..
Ibu bilang..bersyukurlah selalu..
Ibu bilang..bersyukurlah selalu..
Ibu bilang..bersyukurlah selalu..

Sabtu, 21 April 2012

Alhamdulillah yah..?!

Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah, tentu diadakan-Nya jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari "pintu" yang tak diduga-duga olehnya. Barang siapa yang bertawakal kepada Allah, maka Tuhan Allah akan mencukupkan kebutuhannya. (QS. Ath-Tholaq: 2)

Cuma ingin berbagi saja. Hari Jum'at kemarin menjadi hari yang benar-benar barokah buat saya.. Hari dimana Alloh SWT menepati janji-Nya kepada hamba-Nya setelah sekian lama diri ini selalu berikhtiar dan berdoa. Akhirnya Engkau mengabulkan doa hamba-Nya. Engkau memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Tak henti-hentinya hati dan mulut ini terus mengucap syukur kepada-Mu. Sujud syukur aku persembahkan kepada-Mu, sebagai bentuk pengabdian total ku hanya kepada-Mu, tiada yang lain. Perasaan haru bercampur bahagia menyelimuti diri ini. 

Rabu, 18 April 2012

Haruskah Ku Bilang Cinta ?

Masih teringat jelas hari kemarin, ketika tiba-tiba diri ini mendownload sebuah lagu "Ku Menunggu" dari penyanyi terkenal Indonesia, Rosa. Entah perasaan darimana seketika itu aku langsung mendownload jenis lagu yang sebenarnya tidak aku kenal dalam "kamus hidupku". Yang jelas..aku masih ingat ketika aku melihat tayangan TV yang memutar lagu ini. Aku mendengarkannya...Wah..ternyata lagunya enak juga yah...bukan syairnya tapi nada-nya yang sungguh asyik di dengar..hahahaha.. Tanpa pikir panjang, langsung dech aku buka laptop, pasang modem, cari lagu itu, langsung download..Akhirnya kuputar ulang-ulang lagu itu dari dalam kamar... Sungguh aneh memang diri ini, jenis lagu yang sebenarnya tidak aku kenal dalam kamus kehidupanku tiba-tiba saja aku jadi terbuai olehnya... OMG, ikhwan macam apaan aku ini ??? Sungguh terlalu...!! ^_^. Untungnya temen-temen ikhwah kampus ga ada yang tahu.. Coba kalo ketahuan.., mereka bakal tahu siapa Fitrianto yang sebenarnya kayak apa jika lagi sendirian...Hadewh... -__-

Senin, 16 April 2012

Kartini dan Islam

Bagi massyarakat Indonesia, tanggal 21 April adalah salah satu hari yang bersejarah bagi bangsa ini khususnya kaum perempuan. Ya..tanggal dimana RA. Kartini dilahirkan dan diperingati sebagai salah satu hari yang bersejarah  di Indonesia. Mengapa dapat dianggap bersejarah?? Karena Kartini "dianggap" sebagai pelopor perjuangan emansipasi perempuan di Indonesia. Kemudian, akhir-akhir ini nama Kartini dihubung-hubungkan dengan istilah kata feminisme. Namun apa yang terjadi dewasa ini, istilah emansipasi dan feminisme banyak disalah artikan orang-orang zaman sekarang. Dengan dalih emansipasi, kebanyakan perempuan telah teracuni pemikirannya. Sehingga banyak perempuan sekarang ini menyalahi kodratya sebagai seorang perempuan. Saya tidak akan membahas tentang masalah ini. Yang ingin saya sampaikan adalah bagaimana sosok seorang RA. Kartini yang ternyata beliau adalah seorang wanita yang sangat cinta terhadap agamanya, Islam. Dimana sosok Kartini dan keislamannya jarang atau mungkin bahkan tidak pernah kita dengar sama sekali dari pelajaran- pelajaran di sekolah. Hal ini mungkin dikarenakan ada pihak-pihak tertentu yang sengaja ingin menutupi dan menyelewengkan sejarah dari RA. Kartini tersebut.

Sabtu, 14 April 2012

Puanasss

Hari ini aku hanya terkapar di dalam rumah. Kuhabiskan sebagian waktu siang hanya untuk tidur-tiduran di depan ruang TV. Tak ada aktivitas yang berarti yang aku lakukan hari ini.. Hanya sesekali kubuka laptop untuk sekedar online buka FB, twitter, blog. Hanya sekedar liat pemberitahuan n sedikit komen ke temen-temen (hadewh...rugi dech...^^). Terik matahari menyengat sekali beberapa hari ini. Subhanalloh...hari ini luar biasa panasnya. Mungkin suhu di luar sana hampir 40 derajat celcius kali ya..(ah..lebay amat). Soalnya puanaaaas banget hari ini. Sebenarnya kalo dipikir-pikir, bulan April adalah masa musim pancaroba peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Tapi mengapa beberapa hari ini sudah terasa puanasss sekali jika tiba waktu siang hari???? Jam 10 pagi sudah terasa sangat gerah. Puncak puanas terjadi sekitar pukul 12 siang sampai pukul 2 siang. Kata orang luar sono yang ahli ilmu alam, katanya bumi ini sedang terjadi  apa yang di sebut "global warming". Ah entahlah, aku  kurang banyak tahu soal itu. Seakan tak mau kalah dengan suasana politik di negeri ini yang semakin panas dan amburadul, matahari hari ini terlihat garang sekali dengan-ku. Gelisah karena gerah yang tak karuan menyergap dalam diri ini. Mau melakukan aktivitas rasanya mualaaaaassss sekali. Ingin keluar rumah, matahari menyengat dengan hebatnya. Akhirnya aku urungkan niat itu. Aku seperti  dapat merasakan tokoh Fahri dalam novel Ayat-Ayat Cinta-nya  karya Kang Abik. Dalam novel tersebut ada bagian yang menggambarkan betapa dahsyatnya panas di Mesir. Fahri pun urung keluar dari kontrakan-nya karena merasakan suasana panas yang luar biasa di luar sana. Yah..mungkin seperti itulah kondisi ku hari ini....Aku jadi kepikir nih, kalo di dunia yang sementara saja sudah begini panasya., bagaimana dengan kelak di akhirat sana?? Pasti lebih luar biasa dahsaytnya... Ya Alloh..ampuni dosa-dosa hamba-Mu ini. -_- 

Kamis, 12 April 2012

Mengenal Kalender Hijriah

Melihat kondisi pemuda Islam zaman sekarang memang sangat memprihatinkan. Banyak di antara mereka yang mengaku Islam, namun tak paham tentang ajaran Islam itu sendiri. Bahkan hal-hal yang dasar dari Islam banyak dari mereka yang tidak paham. Tulisan ini saya buat bukan tanpa sebab. Salah satu diantara berbagai pengetahuan dalam Islam adalah mengenai masalah kalender Hijriah. Anak muda zaman sekarang lebih familiar dengan kalender Masehi. Nama-nama bulan dalam kalender dalam Masehi mereka hafal di luar kepala. Namun apa yang terjadi jika kita menanyakan kepada mereka tentang kalender Hijriah??? Bahkan banyak di antara mereka bertanya apa itu kalender Hijriah. Jangankan menghafal nama-nama bulan kalender Hijriah, banyak di antara mereka yang tak tahu kalender Hijriah di mulai bulan apa.

Rabu, 11 April 2012

Peringatan dari-Mu

1. apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),
2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,
3. dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",
4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
5. karena Sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.
6. pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam Keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,
7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.
8. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula. (QS. Al Zalzalah)


Senin, 09 April 2012

Siapakah Temanmu?

Hampir dipastikan orang-orang di dunia ini pasti mempunyai teman. Anak kecil, remaja, dewasa semuanya mempunyai teman masing-masing. Entah teman kerja, sekolah, kuliah, maen, bahkan sampai teman di dunia maya yang ga jelas wajah dan karakternya pun kita bisa menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Waktu kuliah, kita dapat menjumpai teman-teman di kampus. Ketika bekerja, kita menemukan rekan-rekan kerja di kantor baik sebagai atasan maupun bawahan. Ketika kita membuka FB, twitter, blog, de el el kita dapat menjumpai temen-teman di dunia maya.

Jumat, 30 Maret 2012

Kami Rindu Pemimpin Yang Adil

Hampir kurang lebih satu bulan ini, mata dan telinga terus menerus disuguhi dengan berbagai macam berita tentang rencana kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) oleh pemerintah. Berbagai lapisan elemen masyarakat dan mahsiswa turun ke jalan-jalan raya hampir merata di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tujuan utama  mereka hanya satu suara, "menolak kenaikan BBM". Mulai dari aksi unjuk rasa yang damai hingga aksi yang anarkis mewarnai pemeberitaan di berbagai media massa. Berbagai yel-yel dan lagu untuk membakar semangat  para pengunjuk rasa diteriakkan dengan lantang..

Wahai kalian yang rindu kemenangan...
Wahai kalian yang turun ke jalan...

Rabu, 28 Maret 2012

Makan dan Minum

Beberapa ciri pokok dari makhluk hidup adalah melakukan aktivitas makan dan minum. Makan adalah kegiatan memasukkan makanan atau sesuatu ke dalam mulut yang bertujuan untuk memperoleh nutrisi dan energi untuk melakukan aktivitas dan pertumbuhan dalam hidup.  Sedangkan minum adalah melakukan kegiatan memasukkan cairan melalui mulut. Air diperlukan bagi tubuh untuk membantu proses kehidupan makhluk. Hampir bisa dipastikan semua makhluk hidup di dunia ini pernah melakukan aktivitas makan dan minum. Pola makan dan minum yang sehat dan benar akan membuat tubuh baik pula. Pun demikian juga, gaya makan dan minum yang kurang baik akan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Islam hadir di dunia ini melalui Rosululloh SAW sebagai rahmat bagi semesta alam. Islam mengatur segala aspek kehidupan, mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Bahkan sampai kita buang air besar maupun kecilpun, Islam dengan jelas mengajarkan tata caranya. Tak terkecuali pula, Islam mengajarkan ummatnya tentang tata cara makan dan minum yang baik sesuai aturan syariat. Ini bukan tidak lain bertujuan untuk kebaikan bagi ummatnya.

Jumat, 23 Maret 2012

Jumu'ah Mubarokah


Hari Jum’at adalah hari yang paling afdal dalam seminggu. Allah Subhanahu wa Ta`ala telah mengkhususkannya untuk kaum muslimin yang belum pernah diberikan kepada umat-umat sebelumnya sebagai karunia dan pemuliaan terhadap umat ini. Pada hari tersebut terdapat ibadah-ibadah yang khusus.

Dalil-dalil yang menyebutkan keutamaannya dan sunnah-sunnah serta kewajipan yang diperintahkan dalam rangka memuliakan hari Jum’at.

Bersumber dari Abu Hurairah radliallahu `anhu bahwa Rasulullah SAW mengatakan:

“Sebaik-baik hari yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Pada hari itu diciptakan Adam alaihis salam, dimasukkan dan dikeluarkan dari syurga pada hari itu dan kiamat akan terjadi pada hari Jum’at pula.” (HR. Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, Tirmidzi dan disahihkannya. Lihat Fiqhus Sunnah oleh Sayyid Sabiq bab Jum’ah)

Kamis, 22 Maret 2012

Semoga Alloh SWT Memberkahi Usia Kita



A’udzubillahi minnasyaithonnirrojiim. Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahirrabil’alamiin. Allohummashollia’ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan sebaik-baik umur kami pada akhirnya, sebaik-baik amal pada penutupannya, sebaik-baik hari-hari kami adalah saat bertemu dengan-Mu.
Aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan kuburan setelah berpisah dengan dunia, sebaik-baik tempat tinggal kami, luaskanlah liang lahat kami, dan rahmatilah saat kami menjadi rendah pada waktu menghadap-Mu saat hisab, tetapkanlah kaki-kaki kami di atas shirath, selamatkanlah kamidari kesusahan hari kiamat, putihkan wajah kami pada hari dimana wajah manusia ada yang putih dan ada yang hitam.

Aku memohon kepada-Mu kenikmatan yang tak terputus-putus, mata yang sejuk yang tidak terputus-putus, aku memohon kepada-Mu untuk dapat melihat wajahMu, dan kerinduan bertemu dengan-Mu. 

Aku memohon agar Engkau mensucikan kerusakan hati kami dengan taubat, dan menyatukan hati kami dalam keadaan takut kepada-Mu, dan memberi kami pemberian yang besar yang dapat memasukkan kami ke dalam surga, tempat yang aman.. Amin.

Ya Allah, kepada-Mu aku beribadah dan untuk-Mu kami shalat dan sujud. Kepada-Mu kami menuju dan bersegera. Kami mohon rahmat-Mu dan takut akan azab-Mu, sesungguhnya azab-Mu menimpa orang-orang kafir.

Ya Allah aku memohon perlindungan kepada-Mu, kami meminta ampun dari-Mu, memuji-Mu dengan kebaikan, tidak kufur kepada-mu, tunduk kepada-Mu dan mencabut siapa yang kufur kepada-Mu..

 ===========================================

Syukur pada-Mu Ya Allah untuk usia yang telah Engkau berikan. Terima kasih juga untuk setiap rezki yang Engkau karuniakan. Terima kasih untuk setiap cobaan yang Engkau turunkan.Terima kasih untuk bakat dan ilham yang Engkau anugerahkan. Sesungguhnya terlalu banyak yang telah Engkau berikan kepadaku...dan terlalu sedikit syukurku terhadapMu.

Engkau tetap menerima walau terkadang aku alpa, aku lupa, aku tersilap dan khilaf menafsir makna setiap kurniaan dan dugaan. Namun begitu besar kasihMu...Engkau tetap melindungi aku walaupun terkadang aku kalut merungut ketika saat-saat lemahku datang.Aku tidak pernah menafikan hakMu sebagai Khaliq walaupun terkadang aku terbuai dengan kesedihan dan kesakitan yang amat pedih.

Ampunkan aku Ya Allah pabila aku merintih nasibku di hadapanMu. Kalau bukan kepadaMu, kepada siapa lagi harus ku mengadu? Aku tidak pernah menyesali kewujudanku ini Ya Allah...namun aku hanyalah hambaMu yg dhaif dan lemah. Adakalanya aku kurang kesabaran. Ada masanya aku goyah keimanan. Ada masanya aku hampir terikut bisikan syaitan. Namun dengan limpahan kasih sayangMu, Engkau menarikku kembali jauh daripada kesesatan.

Dalam usia ini...aku ingin menjadi lebih dekat padaMu Ya Rahman. Dalam usia yang makin jauh ini...aku ingin lebih merinduiMu Ya Rahiim. Dalam usia meniti senja ini...aku ingin sekali menyambut panggilan KaabahMu Ya Al Malik.Dalam usia yang semakin senja ini yang ku inginkan hanyalah ketenangan, kekusyukan beribadah, segala kesederhanaan dan kerendahan hati tanpa berhenti menghulur kasih pada yang sudi.

Ya Muhaimin...pimpinlah tangan hambaMu ini...pimpinlah hati hambaMu ini...pimpinlah langkah hambaMu ini akan sentiasa berpijak di atas jalan kebenaran. Ya Al Quddus... sebagai hambaMu yang hina dina, aku takkan mungkin mencapai sempurna, tapi kasihanilah aku... bimbinglah aku sentiasa agar aku mampu meniti titian siratulmustakimMu dengan tenang dan mudah tanpa cela.

Ya Al Hakiim...berikanlah ilham kepadaku agar aku mampu terus berkarya Agar aku terus mampu memberikan sedikit ikhtibar dan dakwah dengan cara yang Engkau ridhoi. Hulurkan kepadaku kebijaksanaan agar aku mampu terus memacu kalam keinsanan sehingga tiba masanya Engkau menjemputku pergi.

Terima kasih Ya Allah atas segala takdir yang telah Engkau tentukan untukku. Engkaulah Ya Maha Besar... peliharalah hamba-Mu ini agar terus berpegang teguh pada taliMu.

Terimalah permohonan hambaMu yang sedang bermusafir di bumiMu ini Ya Al Mudzill.
Amiin Ya Rabbul Alamiin...

Barakallah fi umrina [semoga Allah memberkahi usia kita]

Rabu, 21 Maret 2012

semPATIn Sholat


Beberapa waktu lalu saya melihat gambar yang menarik di dalam akun facebook teman saya. Gambar tentang salah satu iklan kartu perdana telepon seluler yang terkenal di Indonesia. Namun gambar iklan tersebut “diplesetkan” menjadi lebih kreatif dan bermakna pesan kebaikan. Pesan tentang agar kita jangan sampai sekalipun meninggalkan sholat wajib 5 waktu dalam keadaan apapun dan sesibuk apaun kita. Iklan tersebut bertuliskan “semPATIn sholat”. Sempat tersenyum lebar sendiri ketika saya pertama kali melihat dan membacanya. Sebuah pesan ajakan untuk selalu menjaga sholat 5 waktu dengan gaya bahasa yang ringan namun berat akan makna.

Senin, 19 Maret 2012

The Seven Shadow Award

Subhanalloh...Walhamdulillah...

Pada kesempatan kali ini saya menerima award untuk yang kedua kalinya. Ini di luar dugaan saya. Sungguh aneh bin ajaib. Saya yang masih pemula dalam kegiatan blog, tiba-tiba saja sudah mendapatkan award dua kali. Award yang pertama saya dapatkan dari Bang Fahrie Sadah yang berupa "The Versatile Blogger". Sedangkan award yang kedua saya dapatkan dari Bang Muro'i El Barezy berupa "The Seven Shadow". Mengapa di katakan pemula?? Karena saya baru kurang lebih 2,5 bulan mempunyai blog ini. Rasanya "malu" saja ketika saya harus menerima award dari mereka, yang sebenarnya saya baru beberapa hari mengenalnya. Akan tetapi apresiasi mereka dapat saya katakan sungguh luar biasa, karena begitu sangat menghargai saya sebagai "blogger pemula"..hehehehe ^_^

Jumat, 16 Maret 2012

Menunggu


Yah.. menunggu, sesuatu yang kebanyakan orang merasakan hal yang membosankan. Bahkan saya pun saat ini sedang dalam "proses" menunggu sesuatu yang entah kapan akan berakhir..^^.Ketika menunggu, seakan kita tidak melakukan apapun, bahkan beranggapan tidak banyak yang bisa dilakukan saat itu. Ini disebabkan beberapa keterbatasan. Pertama, tidak terbiasa melakukan pekerjaaan yang membutuhkan konsentrasi. Jika menunggu tentunya perlu sesekali menengok atau mencari yang kita tunggu. Jika terlalu asyik dengan pekerjaan sampingan bisa-bisa tujuan utama yakni menunggu terlupakan.

Rabu, 14 Maret 2012

Sakaratul Maut

“Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara sekejab, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar Al-Hasan).
Datangnya Kematian Menurut Al Qur’an :
  1. Kematian bersifat memaksa dan siap menghampiri manusia walaupun kita berusaha menghindarkan resiko-resiko kematian.
    Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu ke luar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS Ali Imran, 3:154)

Sejarah Yahudi


Menurut studi sejarah yang didasarkan atas penggalian arkeologi dan lembaran-lembaran kitab suci, Nabi Ibrahim, putranya, dan sejumlah kecil manusia yang mengikutinya pertama kali pindah ke Palestina, yang dikenal kemudian sebagai Kanaan, pada abad kesembilan belas sebelum Masehi. Tafsir Al-Qur'an menunjukkan bahwa Ibrahim (Abraham) AS, diperkirakan tinggal di daerah Palestina yang dikenal saat ini sebagai Al-Khalil (Hebron), tinggal di sana bersama Nabi Luth (Lot). Al-Qur'an menyebutkan perpindahan ini sebagai berikut:

Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim", mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi. Dan Kami seIamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia. (Qur'an, 21:69-71)

Selasa, 13 Maret 2012

Dalam Dekapan Ukhuwah


karena beda antara kau dan aku sering jadi sengketa
karena kehormatan diri sering kita tinggikan di atas kebenaran
karena satu kesalahanmu padaku seolah menghapus
sejuta kebaikan yang lalu
wasiat Sang Nabi itu rasanya berat sekali:
"jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara"

mungkin lebih baik kita berpisah sementara, sejenak saja
menjadi kepompong dan menyendiri
berdiri malam-malam, bersujud dalam-dalam
bertafakkur bersama iman yang menerangi hati
hingga tiba waktunya menjadi kupu-kupu yang terbang menari
melantun kebaikan di anatara bunga, menebar keindahan pada dunia

lalu dengan rindu kita kembali ke dalam dekapan ukhuwah
mengambil cinta dari langit dan menebarkannya di bumi
dengan persaudaraan suci: sebening prasangka, selembut nurani,
sehangat semangat, senikmat berbagi, dan sekokoh janji

(Salim A Fillah)

Senin, 12 Maret 2012

Epilog Cinta


Apa arti Mencintai-Nya?
Dan mencintai manusia karena-Nya?
Dengan mudah kau nyatakan cinta
Jelaskan padaku apa artinya!

Uhibukifillah, apa maksudnya?
Dimana engkau dan dimana diriNya
Dalam mencintai dan dicintai
Pun dimana aku saat berujar cinta

Bukankah cinta itu..
Pengorbanan
Keikhlasan
Perjuangan
Kesetiaan
Kerinduan
Dan ketulusan ?

Tak ada sapu tangan saat kawan mengurai air mata
Tak ada ucapan selamat saat kawan berbahagia
Tak ada genggaman tangan saat kawan ketakutan
Tak ada perlindungan saat menerobos medan lawan
Tak ada nasehat saat dirundung awan ujian
Tak ada cermin untuk menampilkan bayangan

Ah, maafkan aku kawan
Ternyata diri ini masih belum paham
Arti mencintaiNya dan mencintaimu karenaNya
Karena nyatanya kau tak ada saat ku ada
Dan aku tak ada saat kau ada


(Cerita LDK)

About Me

Foto saya
Assalamu'alaykum.. Fitrianto seorang pemuda berasal dari Sragen, Jawa Tengah. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro tahun 2011

Jam

Diberdayakan oleh Blogger.

Bersama Dakwah

Perbankan Syariah