Featured Article

Jumat, 30 Maret 2012

Kami Rindu Pemimpin Yang Adil

Hampir kurang lebih satu bulan ini, mata dan telinga terus menerus disuguhi dengan berbagai macam berita tentang rencana kenaikan BBM (Bahan Bakar Minyak) oleh pemerintah. Berbagai lapisan elemen masyarakat dan mahsiswa turun ke jalan-jalan raya hampir merata di seluruh kota-kota besar di Indonesia. Tujuan utama  mereka hanya satu suara, "menolak kenaikan BBM". Mulai dari aksi unjuk rasa yang damai hingga aksi yang anarkis mewarnai pemeberitaan di berbagai media massa. Berbagai yel-yel dan lagu untuk membakar semangat  para pengunjuk rasa diteriakkan dengan lantang..

Wahai kalian yang rindu kemenangan...
Wahai kalian yang turun ke jalan...

Rabu, 28 Maret 2012

Makan dan Minum

Beberapa ciri pokok dari makhluk hidup adalah melakukan aktivitas makan dan minum. Makan adalah kegiatan memasukkan makanan atau sesuatu ke dalam mulut yang bertujuan untuk memperoleh nutrisi dan energi untuk melakukan aktivitas dan pertumbuhan dalam hidup.  Sedangkan minum adalah melakukan kegiatan memasukkan cairan melalui mulut. Air diperlukan bagi tubuh untuk membantu proses kehidupan makhluk. Hampir bisa dipastikan semua makhluk hidup di dunia ini pernah melakukan aktivitas makan dan minum. Pola makan dan minum yang sehat dan benar akan membuat tubuh baik pula. Pun demikian juga, gaya makan dan minum yang kurang baik akan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dalam tubuh.

Islam hadir di dunia ini melalui Rosululloh SAW sebagai rahmat bagi semesta alam. Islam mengatur segala aspek kehidupan, mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Bahkan sampai kita buang air besar maupun kecilpun, Islam dengan jelas mengajarkan tata caranya. Tak terkecuali pula, Islam mengajarkan ummatnya tentang tata cara makan dan minum yang baik sesuai aturan syariat. Ini bukan tidak lain bertujuan untuk kebaikan bagi ummatnya.

Jumat, 23 Maret 2012

Jumu'ah Mubarokah


Hari Jum’at adalah hari yang paling afdal dalam seminggu. Allah Subhanahu wa Ta`ala telah mengkhususkannya untuk kaum muslimin yang belum pernah diberikan kepada umat-umat sebelumnya sebagai karunia dan pemuliaan terhadap umat ini. Pada hari tersebut terdapat ibadah-ibadah yang khusus.

Dalil-dalil yang menyebutkan keutamaannya dan sunnah-sunnah serta kewajipan yang diperintahkan dalam rangka memuliakan hari Jum’at.

Bersumber dari Abu Hurairah radliallahu `anhu bahwa Rasulullah SAW mengatakan:

“Sebaik-baik hari yang terbit padanya matahari adalah hari Jum’at. Pada hari itu diciptakan Adam alaihis salam, dimasukkan dan dikeluarkan dari syurga pada hari itu dan kiamat akan terjadi pada hari Jum’at pula.” (HR. Muslim, Abu Dawud, An-Nasa’i, Tirmidzi dan disahihkannya. Lihat Fiqhus Sunnah oleh Sayyid Sabiq bab Jum’ah)

Kamis, 22 Maret 2012

Semoga Alloh SWT Memberkahi Usia Kita



A’udzubillahi minnasyaithonnirrojiim. Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahirrabil’alamiin. Allohummashollia’ala Muhammad wa’ala ali Muhammad

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan sebaik-baik umur kami pada akhirnya, sebaik-baik amal pada penutupannya, sebaik-baik hari-hari kami adalah saat bertemu dengan-Mu.
Aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan kuburan setelah berpisah dengan dunia, sebaik-baik tempat tinggal kami, luaskanlah liang lahat kami, dan rahmatilah saat kami menjadi rendah pada waktu menghadap-Mu saat hisab, tetapkanlah kaki-kaki kami di atas shirath, selamatkanlah kamidari kesusahan hari kiamat, putihkan wajah kami pada hari dimana wajah manusia ada yang putih dan ada yang hitam.

Aku memohon kepada-Mu kenikmatan yang tak terputus-putus, mata yang sejuk yang tidak terputus-putus, aku memohon kepada-Mu untuk dapat melihat wajahMu, dan kerinduan bertemu dengan-Mu. 

Aku memohon agar Engkau mensucikan kerusakan hati kami dengan taubat, dan menyatukan hati kami dalam keadaan takut kepada-Mu, dan memberi kami pemberian yang besar yang dapat memasukkan kami ke dalam surga, tempat yang aman.. Amin.

Ya Allah, kepada-Mu aku beribadah dan untuk-Mu kami shalat dan sujud. Kepada-Mu kami menuju dan bersegera. Kami mohon rahmat-Mu dan takut akan azab-Mu, sesungguhnya azab-Mu menimpa orang-orang kafir.

Ya Allah aku memohon perlindungan kepada-Mu, kami meminta ampun dari-Mu, memuji-Mu dengan kebaikan, tidak kufur kepada-mu, tunduk kepada-Mu dan mencabut siapa yang kufur kepada-Mu..

 ===========================================

Syukur pada-Mu Ya Allah untuk usia yang telah Engkau berikan. Terima kasih juga untuk setiap rezki yang Engkau karuniakan. Terima kasih untuk setiap cobaan yang Engkau turunkan.Terima kasih untuk bakat dan ilham yang Engkau anugerahkan. Sesungguhnya terlalu banyak yang telah Engkau berikan kepadaku...dan terlalu sedikit syukurku terhadapMu.

Engkau tetap menerima walau terkadang aku alpa, aku lupa, aku tersilap dan khilaf menafsir makna setiap kurniaan dan dugaan. Namun begitu besar kasihMu...Engkau tetap melindungi aku walaupun terkadang aku kalut merungut ketika saat-saat lemahku datang.Aku tidak pernah menafikan hakMu sebagai Khaliq walaupun terkadang aku terbuai dengan kesedihan dan kesakitan yang amat pedih.

Ampunkan aku Ya Allah pabila aku merintih nasibku di hadapanMu. Kalau bukan kepadaMu, kepada siapa lagi harus ku mengadu? Aku tidak pernah menyesali kewujudanku ini Ya Allah...namun aku hanyalah hambaMu yg dhaif dan lemah. Adakalanya aku kurang kesabaran. Ada masanya aku goyah keimanan. Ada masanya aku hampir terikut bisikan syaitan. Namun dengan limpahan kasih sayangMu, Engkau menarikku kembali jauh daripada kesesatan.

Dalam usia ini...aku ingin menjadi lebih dekat padaMu Ya Rahman. Dalam usia yang makin jauh ini...aku ingin lebih merinduiMu Ya Rahiim. Dalam usia meniti senja ini...aku ingin sekali menyambut panggilan KaabahMu Ya Al Malik.Dalam usia yang semakin senja ini yang ku inginkan hanyalah ketenangan, kekusyukan beribadah, segala kesederhanaan dan kerendahan hati tanpa berhenti menghulur kasih pada yang sudi.

Ya Muhaimin...pimpinlah tangan hambaMu ini...pimpinlah hati hambaMu ini...pimpinlah langkah hambaMu ini akan sentiasa berpijak di atas jalan kebenaran. Ya Al Quddus... sebagai hambaMu yang hina dina, aku takkan mungkin mencapai sempurna, tapi kasihanilah aku... bimbinglah aku sentiasa agar aku mampu meniti titian siratulmustakimMu dengan tenang dan mudah tanpa cela.

Ya Al Hakiim...berikanlah ilham kepadaku agar aku mampu terus berkarya Agar aku terus mampu memberikan sedikit ikhtibar dan dakwah dengan cara yang Engkau ridhoi. Hulurkan kepadaku kebijaksanaan agar aku mampu terus memacu kalam keinsanan sehingga tiba masanya Engkau menjemputku pergi.

Terima kasih Ya Allah atas segala takdir yang telah Engkau tentukan untukku. Engkaulah Ya Maha Besar... peliharalah hamba-Mu ini agar terus berpegang teguh pada taliMu.

Terimalah permohonan hambaMu yang sedang bermusafir di bumiMu ini Ya Al Mudzill.
Amiin Ya Rabbul Alamiin...

Barakallah fi umrina [semoga Allah memberkahi usia kita]

Rabu, 21 Maret 2012

semPATIn Sholat


Beberapa waktu lalu saya melihat gambar yang menarik di dalam akun facebook teman saya. Gambar tentang salah satu iklan kartu perdana telepon seluler yang terkenal di Indonesia. Namun gambar iklan tersebut “diplesetkan” menjadi lebih kreatif dan bermakna pesan kebaikan. Pesan tentang agar kita jangan sampai sekalipun meninggalkan sholat wajib 5 waktu dalam keadaan apapun dan sesibuk apaun kita. Iklan tersebut bertuliskan “semPATIn sholat”. Sempat tersenyum lebar sendiri ketika saya pertama kali melihat dan membacanya. Sebuah pesan ajakan untuk selalu menjaga sholat 5 waktu dengan gaya bahasa yang ringan namun berat akan makna.

Senin, 19 Maret 2012

The Seven Shadow Award

Subhanalloh...Walhamdulillah...

Pada kesempatan kali ini saya menerima award untuk yang kedua kalinya. Ini di luar dugaan saya. Sungguh aneh bin ajaib. Saya yang masih pemula dalam kegiatan blog, tiba-tiba saja sudah mendapatkan award dua kali. Award yang pertama saya dapatkan dari Bang Fahrie Sadah yang berupa "The Versatile Blogger". Sedangkan award yang kedua saya dapatkan dari Bang Muro'i El Barezy berupa "The Seven Shadow". Mengapa di katakan pemula?? Karena saya baru kurang lebih 2,5 bulan mempunyai blog ini. Rasanya "malu" saja ketika saya harus menerima award dari mereka, yang sebenarnya saya baru beberapa hari mengenalnya. Akan tetapi apresiasi mereka dapat saya katakan sungguh luar biasa, karena begitu sangat menghargai saya sebagai "blogger pemula"..hehehehe ^_^

Jumat, 16 Maret 2012

Menunggu


Yah.. menunggu, sesuatu yang kebanyakan orang merasakan hal yang membosankan. Bahkan saya pun saat ini sedang dalam "proses" menunggu sesuatu yang entah kapan akan berakhir..^^.Ketika menunggu, seakan kita tidak melakukan apapun, bahkan beranggapan tidak banyak yang bisa dilakukan saat itu. Ini disebabkan beberapa keterbatasan. Pertama, tidak terbiasa melakukan pekerjaaan yang membutuhkan konsentrasi. Jika menunggu tentunya perlu sesekali menengok atau mencari yang kita tunggu. Jika terlalu asyik dengan pekerjaan sampingan bisa-bisa tujuan utama yakni menunggu terlupakan.

Rabu, 14 Maret 2012

Sakaratul Maut

“Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara sekejab, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar Al-Hasan).
Datangnya Kematian Menurut Al Qur’an :
  1. Kematian bersifat memaksa dan siap menghampiri manusia walaupun kita berusaha menghindarkan resiko-resiko kematian.
    Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu ke luar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS Ali Imran, 3:154)

Sejarah Yahudi


Menurut studi sejarah yang didasarkan atas penggalian arkeologi dan lembaran-lembaran kitab suci, Nabi Ibrahim, putranya, dan sejumlah kecil manusia yang mengikutinya pertama kali pindah ke Palestina, yang dikenal kemudian sebagai Kanaan, pada abad kesembilan belas sebelum Masehi. Tafsir Al-Qur'an menunjukkan bahwa Ibrahim (Abraham) AS, diperkirakan tinggal di daerah Palestina yang dikenal saat ini sebagai Al-Khalil (Hebron), tinggal di sana bersama Nabi Luth (Lot). Al-Qur'an menyebutkan perpindahan ini sebagai berikut:

Kami berfirman: "Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim", mereka hendak berbuat makar terhadap Ibrahim, maka Kami menjadikan mereka itu orang-orang yang paling merugi. Dan Kami seIamatkan Ibrahim dan Luth ke sebuah negeri yang Kami telah memberkahinya untuk sekalian manusia. (Qur'an, 21:69-71)

Selasa, 13 Maret 2012

Dalam Dekapan Ukhuwah


karena beda antara kau dan aku sering jadi sengketa
karena kehormatan diri sering kita tinggikan di atas kebenaran
karena satu kesalahanmu padaku seolah menghapus
sejuta kebaikan yang lalu
wasiat Sang Nabi itu rasanya berat sekali:
"jadilah hamba-hamba Allah yang bersaudara"

mungkin lebih baik kita berpisah sementara, sejenak saja
menjadi kepompong dan menyendiri
berdiri malam-malam, bersujud dalam-dalam
bertafakkur bersama iman yang menerangi hati
hingga tiba waktunya menjadi kupu-kupu yang terbang menari
melantun kebaikan di anatara bunga, menebar keindahan pada dunia

lalu dengan rindu kita kembali ke dalam dekapan ukhuwah
mengambil cinta dari langit dan menebarkannya di bumi
dengan persaudaraan suci: sebening prasangka, selembut nurani,
sehangat semangat, senikmat berbagi, dan sekokoh janji

(Salim A Fillah)

Senin, 12 Maret 2012

Epilog Cinta


Apa arti Mencintai-Nya?
Dan mencintai manusia karena-Nya?
Dengan mudah kau nyatakan cinta
Jelaskan padaku apa artinya!

Uhibukifillah, apa maksudnya?
Dimana engkau dan dimana diriNya
Dalam mencintai dan dicintai
Pun dimana aku saat berujar cinta

Bukankah cinta itu..
Pengorbanan
Keikhlasan
Perjuangan
Kesetiaan
Kerinduan
Dan ketulusan ?

Tak ada sapu tangan saat kawan mengurai air mata
Tak ada ucapan selamat saat kawan berbahagia
Tak ada genggaman tangan saat kawan ketakutan
Tak ada perlindungan saat menerobos medan lawan
Tak ada nasehat saat dirundung awan ujian
Tak ada cermin untuk menampilkan bayangan

Ah, maafkan aku kawan
Ternyata diri ini masih belum paham
Arti mencintaiNya dan mencintaimu karenaNya
Karena nyatanya kau tak ada saat ku ada
Dan aku tak ada saat kau ada


(Cerita LDK)

Ketika Ikhwah Jatuh Cinta


Artikel yang menurut saya bagus. Meski temanya klasik tapi menarik untuk dibaca karena dari sudut pandang akhwat dan bisa jadi renungan kita. Yah.. selama ini kan akhwat cenderung diam kalo udah masuk ke wilayah cinta. Di saat makin banyaknya aktivis-aktivis dakwah yang sudah kebablasan dalam hal cinta. Menjajakan cinta atas nama dakwah. (afwan sebenarnya rada kasar juga sih pemilihan katanya, tapi mesti gimana lagi penggambarannya? susah klo mo pake istilah laen, lagian kita sering nggak ngeh kalo penyebutannya terlalu biasa).

Soalnya kebanyakan (saya nggak bilang semua lho) aktivis dakwah sering TP TP alias “Tebar Pesona” dengan lawan jenisnya. Itu bisa dilihat ketika dia sering TP TP lewat fasihnya kata-kata, luasnya ilmu, lewat indahnya untaian nasihat, lewat merdunya suara, dkk. Yang jelas motivasinya secara tidak disadari melenceng jadinya, sayang banget khan? Mungkin dan sangat bisa jadi kita pengumbar nafsu. Wah gimana donk?! Maunya show amal dengan fatwa-fatwa agama ke orang lain, eh gak taunya nyari muka, aduuuh sayang banget yak?! Maunya sih kasih comment di FB dengan taushiyah,nggak taunya??? Biar dianggep paling mantep ruhiyahnya.

Minggu, 11 Maret 2012

Maaf, Saya Tidak Pacaran..!!

Inilah prinsip dalam hidup saya yang sampai saat ini terus saya pertahankan. Mungkin bagi sebagian besar anak muda prinsip saya yang satu ini akan terasa aneh di telinga mereka. Tidak jarang pula prinsip yang satu ini terkadang mendapat ejekan dan cemoohan dari teman-teman sekitar kita, entah teman kuliah atau teman bermain. Hal ini dikarenakan mereka belum tahu. Bahkan boleh saja dari mereka ada yang berkata;

 "Hari gini belum pernah pacaran??? capek dech...!!!" atau mungkin juga ada kata yang seperti ini;
"Jadi anak muda koq ga gaul sih lu..?! Udah jangan sok suci kamu, jangan jadi orang yang kolot, nikmatin masa muda kita..!" Bahkan yang lebih kasar ada yang berkata ; "kamu homo ya..,koq ga mau pacaran??? Oh tidakkkkk...keterlaluan sekali nih orang mengatakan saya "homo"..astaghfirullah....!!

Tak apalah mereka mau bilang ke saya begini dan begitu karena saya tidak pacaran. Tapi ini prinsip bro...prinsip..!! Yang mana sebuah prinsip dalam diri seseorang bagi saya tak boleh "diganggu gugat" oleh seorang pun, kecuali jika prinsip saya tersebut menyalahi norma dan sayariat.. Yang menjadi pertanyaan bagi saya kepada mereka yang menantang prinsip saya adalah "emang saya salah ya kalo saya ga pacaran..? Kalo emang saya salah, tunjukin salah saya dimana???!! Bagi saya terserahlah orang mau mengatakan saya kolot atau ketinggalan jaman karena tidak pacaran. 

Sabtu, 10 Maret 2012

Palestina Dari Masa Ke Masa


Semenjak awal sejarah Islam, Palestina, dan kota Yerusalem khususnya, telah menjadi tempat suci bagi umat Islam. Sebaliknya bagi Yahudi dan Nasrani, umat Islam telah menjadikan kesucian Palestina sebagai sebuah kesempatan untuk membawa kedamaian kepada daerah ini. 

'Isa (Yesus), salah satu nabi yang diutus kepada umat Yahudi, menandai titik balik penting lainnya dalam sejarah Yahudi. Orang-orang Yahudi menolaknya, dan kemudian diusir dari Palestina serta mengalami banyak ketidakberuntungan. Pengikutnya kemudian dikenal sebagai umat Nasrani. Akan tetapi, agama yang disebut Nasrani atau Kristen saat ini didirikan oleh orang lain, yang disebut Paulus (Saul dari Tarsus). Ia menambahkan pemandangan pribadinya tentang Isa ke dalam ajaran yang asli dan merumuskan sebuah ajaran baru di mana Isa tidak disebut sebagai seorang nabi dan Al-Masih, seperti seharusnya, melainkan dengan sebuah ciri ketuhanan. Setelah dua setengah abad ditentang di antara orang-orang Nasrani, ajaran Paulus dijadikan doktrin Trinitas (Tiga Tuhan). Ini adalah sebuah penyimpangan dari ajaran Isa dan pengikut-pengikut awalnya. Setelah ini, Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW sehingga beliau bisa mengajarkan Islam, agama Ibrahim, Musa, dan Isa, kepada seluruh umat manusia.

Jumat, 09 Maret 2012

Award Berantai : "The Versatile Blogger"

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada  Bang Fahrie Sadah yang telah memberikan "award berantai" kepada saya. The Versatile dapat dikatakan bermakna serbaguna. Jadi kalau dihubungkan dengan kata blogger dapat berarti blog yang serbaguna, berkompeten dalam berbagai hal. Pertama kali mendengarnya agak sedikit bingung dalam diri ini. Saya semakin bingung ketika saya termasuk orang yang mendapatkan "award berantai" ini dari Bang Fahrie Sadah. Seorang teman dari dunia blogger yang baru beberapa hari saya kenal.

Entah darimana dan karena sebab apa saya bisa mendapat "award berantai" ini, saya pun juga tidak tahu. Kalau dibilang saya adalah salah satu blogger berkompeten dalam segala bidang, rasanya masih sangat terlalu jauh dari "penghargaan" tersebut. Bagaimana tidak, saya baru aktif terjun ke dunia blog ini kurang lebih baru 2 (dua) bulan yang lalu. Kalau boleh dikata, saya ini adalah seorang "blogger pemula" yang masih harus banyak belajar dari para "sesepuh" blogger yang lainnya. Teman-teman di blog saya pun hampir semuanya adalah kenalan baru, kecuali dua orang saja yang memang adik kampus saya ketika waktu kuliah dulu...Yah.. paling tidak, "award berantai" ini dapat saya jadikan sebagai bahan tembahan untuk memacu kreatifitas saya di dunia blog yang baru saya geluti beberapa bulan ini.

Kamis, 08 Maret 2012

Pernikahan Muhammad SAW dengan Khadijah

Sayyidah Khadijah; Penduduk Makkah pada zaman jahiliyah memanggilnya dengan sebutan ”Ath-Thahirah,” yang berarti wanita suci. Dia termasuk dalam barisan orang-orang terpandang dalam suku Quraisy. Pergelutan sayyidah Khadijah di dunia bisnis lintas negara juga memasukkannya dalam daftar orang kaya kota Makkah. Tak sedikit bangsawan Arab yang melamarnyauntuk dijadikan isteri, namun selalu dia tolak.

Di sela-sela urusan bisnisnya, dia mendengar kabar tentang seorang pemuda yang jujur, amanah dan baik hati. Sifat-sifat ini membuat sayyidah Khadijah tertarik untuk menjadikannya sebagai mitra bisnis. Nafisah binti Maniyah pun diutus untuk menyampaikan tawaran kerjasama sayyidah Khadijah kepada pemuda yang tak lain bernama Muhammad itu. Dari sinilah kisah mereka dimulai.

Rabu, 07 Maret 2012

Asyiknya "bermain" Dengan Kode-Kode

Mungkin bagi sebagian orang awam kurang begitu mengenal istilah ini, termasuk saya. Saya pun termasuk orang yang tidak tahu juga awal mulanya. Tidak tahu apa yang dimaksud dengan kode-kode ini beserta fungsinya. Saya mulai mengenal kode-kode ini ketika saya memasuki dunia "perbloggingan" kurang lebih dua bulan yang lalu. Sebenarnya, saya sudah mengenal aktivitas "blogging" sejak pertengahan tahun 2010 yang lalu. Dikarenakan berbagai macam alasan, akhirnya membuat blog pertama saya itu menjadi terbengkalai tidak terurus. Akhirnya mati karena saya hapus. Baru awal tahun ini saya mencoba untuk kembali beraktivitas di dunia blog, hanya karena satu alasan saja yaitu saya ingin "menulis". Ya, hanya karena satu alasan itu saja akhirnya saya mencoba membuat blog baru lagi. Awal mulanya biasa-biasa saja.

Senin, 05 Maret 2012

Hadiah Untuk Jiwa Yang Tersembunyi

05 Maret 2012

Assalamu'alaykum Akhi...

Kaifa haluq? Semoga engkau di sana dalam keadaan baik-baik saja serta dalam lindungan Alloh SWT selalu. Sebelumnya aku telah menuliskan surat kepadamu menegenai rasa rinduku yang teramat dalam kepadamu sebagai seorang saudara. Hari ini aku menuliskan surat lagi kepadamu, semoga engkau suatu hari entah kapan juga akan membaca surat dariku ini. Surat ini aku tuliskan dari saudaramu yang pernah mewarnai mozaik hidupmu dalam mengarungi dakwah di kampus kita tercinta dahulu. Aku tuliskan surat ini dengan perasaan yang tidak jauh berbeda seperti surat pertamaku dahulu kepadamu. Aku tuliskan surat ini dengan perasaan yang penuh dengan getar-getar rasa kerinduan teramat sangat kepada seorang sahabat. 

Kelahiran Muhammad SAW

Kelahirannya Yang Mulia & Garis Keturunan Yang Suci

Rosululloh SAW dilahirkan pada hari Senin tanggal 12 Rabi'ul Awwal tahun Gajah (20 April 571 M). Ini adalah penadapat secara umum. Hari itu adalah hari yang paling membahagiakan sepanjang matahari terbit. Belia adalah Muhammad SAW bin Abdullah bin Abdul Muthalib bin Hasyim bin Abdi Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah bin Ka'ab bin Lu'ayy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma'ad bin Adnan. Nasab Adnan berakhir pada Ismail bin Ibrahim a.s.
Ayahnya, Abdullah telah meninggal ketika beliau masih berada dalam kandungan. Ibunya bernama Aminah binti Wahb, pemimpin Bani Zuhrah.

Ketika sang Ibu telah melahirkan beliau,,ia mengirimkan utusan kepada sang kakek untuk menyampaikan, "telah lahir seorang cucumu laki-laki." Abdul Muthalib datang menengoknya. Ia menggendongnya, membawanya memasuki Ka'bah, melakukan ibadah dan memanjatkan doa kepada Allah, mengharurkan pujian. Ia menamai cucunya dengan nama Muhammad. Ketika itu nama tersebut tergolong aneh, hingga membuat bangsa Arab merasa takjub.

Minggu, 04 Maret 2012

Melodi Penantian

Melodi Penantian. Yah, mungkin agak terasa berlebihan ketika saya memberikan judul postingan ini. Mungkin  juga terasa aneh dan sedikit geli di telinga ketika pertama kali mendengarnya. Sebenarnya ini merupakan bagian dari hidup yang harus di jalani. Rasanya kurang pas saja bila dalam hidup ini hanya datar-datar saja. Ada "bumbu-bumbu" penyedap yang saharusnya mewarnai dalam hidup ini. Bumbu-bumbu yang terkadang ada yang terasa manis, asam, asin, pedas dan mungkin juga pahit. Tujuannya hanya satu, yaitu ingin memeberiakan rasa dalam kehidupan. Pernah dengar salah satu iklan dalam televisi yang menceritakan bahwa dalam hidup ini tidak akan pernah datar-datar saja alias monoton. "Life is Never Flat". Ya, bahwa dalam hidup ini tak akan pernah seterusnya sama. Roda terus berputar. Dalam dunia ini selalu ada perlawanan. Ada baik- ada buruk. Ada manis- ada pahit, ada senang- ada susah dan sebagainya. yang terpenting adalah bagaimana cata kita mengahadapi kehidupan yang penuh warna ini dengan berpikiran positif. Alloh SWT mempunyai rencana yang terbaik untuk hamba-Nya.

Sabtu, 03 Maret 2012

Sholat Shubuh Berjamaah ???

Suatu pagi hari waktu shubuh dalam sebuah kontrakan kecil di sekitar kampus yang ada di kota Semarang..Seorang mahasiswa ikhwan yang sudah tingkat akhir bangun untuk mengambil air wudhu. Kemudian dengan segera membangunkan rekan-rekan nya yang masih terlelap dalam indahnya mimpi dalam tidur... Tok...tok..tok.., suara pintu kamar di ketuk ikhwan yang sudah bangun tadi. 

"Akhi..., ayo bangun, kita sholat shubuh berjama'ah di masjid".. 

Satu persatu pintu kamar di kontrakan tadi di ketuk ikhwan itu semuanya...Tak ada suara balasan yang menjawab. Hanya terdengar suara lirih kecil yang terdengar malas-malasan ketika menjawabnya..

"Arghhhhh...masih ngantuk mas, lagian masih dingin pula udaranya. Duluan saja mas, ntar saya nyusul".. jawab dari seorang rekannya.
"Ayolah kita sholat shubuh di masjid dengan saya, langsung bangun saja.".ikhwan tadi membalasnya.

Jumat, 02 Maret 2012

Sepucuk Surat Untuk Jiwa Yang Tersembunyi


Assalamu’alaikum ..Akhi..
Semoga engkau suatu hari nanti entah kapan akan membaca suratku ini dalam keadaan tersenyum. Karena Alloh telah menghadirkan kembali rasa sayang serta Kasih-Nya kepadamu. Rasa yang sama saat kita bersama dahulu menjalani hari-hari penuh lelah, merangkai senyum dan keletihan. Namun kita menghimpunnya dalam penuh rasa cinta karena-Nya.

Akhi..sekali lagi aku menyapamu, untuk sebuah rinduku padamu. Apa kabarmu hari ini? Sedang apakah engkau disana? Pernahkah engkau merindukan saudaramu ini? Hampir satu tahun berlalu kita tidak bersua untuk merajut indahnya ukhuwah di antara kita. Hampir satu tahun pula kita sangat jarang berkomunikasi. Bahkan setelah aku meninggalkan kota tempat kuliah kita, kita hanya satu kali berkomunikasi. SMS, ya hanya SMS saja. Tidak lebih dari itu. Pernah terpikir olehku, apakah engkau sudah melupakan persahabatan di antara kita dahulu? Ataukah aku yang telah memutus tali silaturahim di antara kita?Ataukah juga di antara masing-masing kita sudah lupa akan persahabatan kita dahulu? Ah..semoga saja itu tidak benar. Dari tempat aku menulis surat ini, aku selalu berdoa dalam sholatku agar engkau di sana tetap teguh dalam keimanan yang bergelora seperti yang pernah aku lihat. Semoga juga Alloh SWT tak pernah hentinya mencurahan rahmat-Nya padamu. Semoga juga tali ukhuwah di antara kita tetap terjaga walaupun kita sudah sangat jarang berkomunikasi.

My Epilog


“Tetap lah di jalan-Nya, sobat”. Kuletakkan HaPe setelah menghubungi seorang sahabat untuk sesuatu hal. Entah lah, di saat hati dan jiwa ini terasa keruh, tiba-tiba tangan ini dituntun untuk menekan tombol-tombol nomornya. Dan subhanallah, hari ini aku mendapatkan satu nasihat yang sangat berharga dalam hidupku.
Sebagai manusia, terkadang kita tidak sekuat yang kita banggakan, tak pernah sehebat prasangka sendiri, tak pernah setangguh bayang-bayang idealisme, tak pernah selalu benar. Karena justru pada saat kebanggaan, prasangka diri dan bayangan kehebatan itu menjadi tameng dalam menjalani kehidupan, sesungguhnya, semua itu adalah tameng yang semu, yang tak pernah sanggup menahan sebutir debu pun untuk mengelabui mata ini, yang tak pernah bisa mencegah sehelai duri halus menembus kulit kaki kita yang terus melangkah. Adalah manusia yang sombong, yang tak pernah mengharapkan seorang sahabat mengiringi dan membimbing setiap langkahnya meski hanya dalam do’a.

About Me

Foto saya
Assalamu'alaykum.. Fitrianto seorang pemuda berasal dari Sragen, Jawa Tengah. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro tahun 2011

Jam

Diberdayakan oleh Blogger.

Bersama Dakwah

Perbankan Syariah