Featured Article

Sabtu, 25 Februari 2012

Lanjutan dari Episode Baru (selesai)....

       Pagi itu Jum’at, 18 Juli 2003. Seperti biasanya aku bangun ketika adzan shubuh berkumandang. Ini sudah hari yang kelima aku terbangun ketika adzan shubuh. Hal yang jarang aku lakukan waktu masih duduk di SMP. Hal yang sangat sulit pada mulanya. Namun, ketika keadaan yang memaksa, mau tidak mau aku harus bangun waktu shubuh jika tidak, maka akan terlambat berangkat sekolah. Pagi itu masih terlihat gelap. Aku beranjak dari tempat tidurku bergegas mengambil air wudhu untuk menunaikan sholat shubuh menuju ke masjid untuk sholat berjama’ah. Selepas itu, aku mempersiapkan peralatan yang akan aku bawa ke sekolah.

        Sudah menjadi kewajiban dan kebiasaanku dari SD dan SMP ketika habis sholat shubuh aku menyapu lantai dalam rumah. Dulu ketika kakak kedua masih ada di rumah kita gantian menyapu lantai, pagi hari yang nyapu aku untuk giliran sore gantian kakakku yang nyapu. Namun kini kakakku yang kedua sudah masuk kuliah di kota Jember, Jawa Timur. Jadi, semuanya yang nyapu aku kerjakan. Tak masalah bagiku. Selesai menyapu, aku langsung mandi untuk siap-siap. Air di rumah sangat dingin seperti es ketika mandi waktu pagi-pagi sekali. Musim kemarau yang panas, turut membawa perubahan iklim. Jika malam sampai pagi , suhu udara bisa sangat dingin sekali sampai menusuk tulang. Jika siang tiba, sangat panas dan gerah sekali. Inilah yang katanya disebut “global warming” (pemanasan global). Cuaca sangat extrem sekali. Perbedaan antara malam/pagi dengan siang sagat mencolok.  

"Mabuk Cinta"


Kurasa...Kusedang dimabuk Cinta...(Armada)

Hm...tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan lirik lagu di atas. Lagu yang sangat mendayu-dayu tentang orang yang sedang “mabuk cinta” alias jatuh cinta...Lagu yang dibawakan oleh group band yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, Armada. Ya, lagu yang sarat penuh makna cinta, jatuh cinta, kasmaran, tergila-gila oleh sebuah kata yang bernama “CINTA”.

Eits...tapi jangan salah sangka dulu membaca tulisan ini. “Mabuk Cinta” yang saya bahas dalam  tulisan ini bukan “mabuk cinta” yang kebanyakan manusia lakukan. “Mabuk Cinta” yang saya bahas ini adalah bagaimana kita dapat mengelola rasa cinta kita sesuai dengan syariat, bukan berdasrkan nafsu syahwat..

Selasa, 21 Februari 2012

Brotherhood

        Buku ini saya beli lewat online pada pertengahan tahun 2009. Penulis buku ini adalah KH. Toto Tasmara.Toto Tasmara bukanlah orang baru di kalangan dunia dakwah. Ia merupakan seseorang yang penuh gejolak sehingga tampak dari cara penulisan buku ini. Perjalanan hidupnya yang penuh rintihan dan fitnah, tidak menyebabkannya surut menarik diri dari dunia dakwah. Dalam hal yang satu ini, sebagaimana yang ditulisnya dalam pengantar buku ini, ia menulis sebuah kalimat yang indah, "Bagiku, tak ada kata henti untuk menjadikan hidup penuh arti. Perhentianku kelak, ketika terbaring sendiri di pekuburan yang sepi."

Tarbiyah Dzatiyah



           Buku ini saya beli kira-kira pada akhir tahun 2009. Apa sih pengertian tarbiyah dzatiyah? Dan mengapa perlu melakukannya? Kira – kira inilah tema yang diangkat Abdullah bin Abdul Aziz Al-Aidan dalam bukunya yang satu ini. Dan memang hal seperti ini penting untuk dibahas secara lebih mendalam. Buku ini menjelaskan bagaimana seseorang dapat dan disarankan untuk mentarbiyah (melakukan pembinaan) terhadap dirinya sendiri, bukan dari orang lain. Tentu pengertian tersebut membuka cakrawala berpikir yang selalu terpaku dengan pikiran “pembinaan dari orang lain atau lingkungan” dan memunculkan seribu satu pertanyaan mengenai tarbiyah dzatiyah itu sendiri. Maka dari itu buku ini mengulas dan memaparkan seputar tarbiyah dzatiyah secara cukup lengkap.

Tak Semanis Gula Jawa



Tulang kaki  dari laki-laki tua itu nampaknya masih kuat saja berjalan menyusuri panjangnya alur kehidupan. Tak nampak sedikitpun kelelahan yang nampak dari tulang kaki tersebut. Sepanjang hari kaki yang sudah sekian lama itu digunakan untuk berjalan. Namun, tak sedikitpun tulang kaki tersebut mengeluh kepada sang empunya. Kuat, kokoh, itulah yang bisa digambarkan tulang kaki tersebut setiap hari. Tak hanya itu, tulang tangan dan mungkin juga bisa semua tulang yang ada di tubuhnya bisa dikatakan kuat setelah sekian lama menempel di kulit yang sudah mulai nampak keriput dan layu itu. Sama seperti halnya tulang kaki tersebut, tulang-tulang yang lainpun sepertinya tak pernah mengeluh sedikitpun kepada sang empunya setelah sekian lama menempel dan digunakan beraktifitas oleh empunya. 80 tahun lebih kakek itu telah hidup di dunia ini, dan sampai saat ini masih ada.
Matahari mulai nampak keemasan, bersiap menyambut pagi. Kicauan burung dan kokokan ayam menambah hangatnya suasana pagi. 

Minggu, 19 Februari 2012

Do'a Seorang Ikhwan


YA ALLAH….Aku berdoa untuk seseorang yang nanti akan menjadi bagian dari hidupku. Seseorang yang sungguh mencintai-MU lebih dari segala sesuatu.

Seseorang yang kan meletakanku pada posisi setelah ENGKAU & Nabi-MU. Seseorang yang hidup bukan untuk dirinya sendiri tetapi untuk-MU.

Wajah cantik dan daya tarik fisik tidaklah penting,yang paling penting adalah sebuah hati yang sungguh mencintai dan tunduk hanya pada-MU..

Seseorang yang memiliki keinginan untuk meneladani sifat-sifat Nabi-Mu dan haruslah mengetahui bagi siapa dan untuk apa hidup,sehingga hidupnya takkan sia-sia.


Lanjutan dari Episode Baru

Kelas 1.1

          Senin, 14 Juli 2003 aku telah memulai di sekolah yang baru. Perlahan tapi pasti aku memasuki gerbang SMAN 3 Sragen yang kala itu masih jelek, pagar besi warna biru yang sudah usang dimakan usia, berkarat. Gedung sekolah yang yang sudah mulai pucat, layu termakan usia, seperti tidak terurus sekian lama. Banyak cat gedung yang terkelupas. Dari depan, masih nampak tulisan “sekolah pendidikan guru 1950”, walaupun berusaha ditutupi dengan bangunan yang ada didepannya. Tapi tulisan itu masih nampak dengan jelas olehku jika dilihat dari samping. Rupanya sekolah ini bekas SPG (Sekolah Pendidikan Guru) sebelum akhirnya dirubah oleh pemerintah menjadi SMAN 3 Sragen sekitar tahun 1990-an. Langkahku semakin cepat memasukki gerbang sekolah menuju papan pengumuman untuk pembagian kelas. Aku tidak sendirian. Dari gerbang yang lain, aku melihat banyak anak-anak baru mulai berdatangan juga masih lengkap dengan pakaian seragam SMP nya. Suasana semakin ramai oleh siswa baru yang bersemangat menyambut sekolah baru mereka. Ada yang datang dengan sendiri, ada juga yang sama temannya (mungkin teman SMP), ada juga yang masih diantar sama orangtuanya (huffff...dasar anak manja, teriakku dalam hati). Aku termasuk yang datang sendiri.

Jumat, 17 Februari 2012

Jadi Ikhwan Jangan Cengeng



Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Dikasih amanah pura-pura batuk..
Nyebutin satu persatu kerjaan biar dikira sibuk..
Afwan ane sakit..
Afwan PR ane numpuk..

Afwan ane banyak kerjaan, kalo nggak selesai bisa dituntut..
Afwan ane ngurus anu ngurus itu jadinya suntuk.. Terus dakwah gimana? digebuk?

Jadi Ikhwan jangan cengeng..
Dikit-dikit dengerin lagunya edcoustic..
udah gitu yang nantikanku di batas waktu, bikin nyelekit..
Ke-GR-an tuh kalo ente melilit..
Kesehariannya malah jadi genit..
Jauh dari kaca jadi hal yang sulit..
Hati-hati kalo ditolak, bisa sakiiiittt..

La Tahzan


              Buku ini saya beli di pameran buku di acara UNDIP Book Fair sekitar bulan Juni 2007. Waktu saya masih semester 2. 
Menyimak buku LA TAHZAN, karya fenomenal yang ditulis oleh DR. ‘Aidh Al-Qarni seperti menyelami dasar samudera yang sarat dengan nilai-nilai pengembangan spiritual diri, pemompa semangat dan terapi pencerahan hati.


Dengan membaca buku ini akan membuat kita lebih menyelami arti kebahagiaan dan kedamaian yang dekat dengan AL-QUR’AN dan SUNNAH. Terutama untuk kita yang sedang mengalami kegelisahan hati.

Didalam buku tersebut, terdapat salah satu nilai sikap yang sangat positif untuk dikembangkan. Yaitu sikap TERSENYUM, yang menjadi salah satu poin substansional. Senyum merupakan perbuatan yang sepele dan mudah sekali kita lakukan, namun sikap dan nilai senyuman itu ternyata dapat membawa kita lebih mudah untuk mencapai kebahagiaan.
Buku ini saya jadikan salah satu refrensi saya, ketika rasa gelisah dalam diri muncul. Namun sayang, hal yang paling aneh adalah sampai saat ini saya belum selesai membaca buku ini yang sangat tebal...hehehehe. Saya berharap agar dapat menyelesaikan membaca buku ini. Ketika saaya membaca buku ini pertama kali, hal-hal yang sungguh luar biasa yang mungkin bisa menjadi salah satu obat kegelisahan hati kita ketika membaca buku ini.

Menatap Punggung Muhammad


         Buku ini saya dapatkan dari hadiaah seorang teman saya yang kuliah di Jogja. Awalnya saya iseng-iseng saja membaca buku ini. Kata teman saya, buku ini menarik untuk di baca. Akhirnya saya baca buku ini ketika saya lagi berada di Jogja.
Buku Menatap Punggung Muhammad karya Fahd Djibran. Sesungguhnya isi dari buku ini adalah sebuah surat panjang yang ditulis seorang lelaki kepada kekasihnya. Surat tersebut menceritakan kisah pencarian si lelaki dalam memecahkan makna pesan yang ia dapatkan dalam sebuah mimpinya bersama Muhammad SAW. Dalam perjalanannya, ia banyak menemukan hal yang luar biasa dari sosok Muhammad SAW. Fahd Djibran (penulis) mendapatkan surat tersebut dari sahabatnya, si kekasih. Kemudian menceritakan kembali dalam sebuah novel ini. Buku ini akan membarikan cara pandang yang baru kepada pembaca Muslim maupun non- Muslim mengenai sosok Muhammad SAW, baik sebagai manusia maupun sebagai Nabi.

Kamis, 16 Februari 2012

Episode Baru

Juli 2003

              Pagi yang cerah menyambut hari yang indah, burung –burung berkicau  saling sahut menyahut antara satu dengan yang lain. Tak ketinggalan ayampun juga saling berkokok untuk menyambut datangnya hari yang baru. Mataharipun dengan malu-malunya mulai mengintip dari ufuk timur yang mulai bangun dari tidur lelapnya malam sebelumnya. Pohon-pohon saling melambai-lambai dengan ranting dan daunnya yang hijau bersiap menyambut hari yang cerah untuk memulai barproses fotosintesis. Dari agak kejauhan beberapa petani dengan cangkulnya bersiap memulai berangkat ke sawah. Di sudut jalan yang lain beberapa ibu-ibu mulai berangkat ke pasar untuk membeli ataupun berjualan dengan barang bawaanya yang lumayan banyak dari hasil kebun untuk dijual. Beberapa anak kecil mulai riuh riang dengan suaranya yang khas ketika mualai berangkat ke sekolah. Jalan-jalan mualai bergeliat dengan rutinitasnya masing-masing. Ada yang pergi ke sawah, ada yang ke pasar, ada yang berangkat ke sekolah, ada juga yang sekedar jalan-jalan untuk olahraga. Aktifitas hari itupun dimulai dengan sangat indah, secerah matahari yang bersinar kala itu dalam menyambut datangnya hari.

Thank You Alloh (Maher Zain)




I was so far from you
Yet to me you were always so close
I wandered lost in the dark
I closed my eyes toward the signs
You put in my way
I walked everyday
further and further away from you
O Allah, you brought me home
I thank you with every breath I take

Senin, 13 Februari 2012

Pemikiran Moderat Hassan Al Banna



9 September 2010 atau bertepatan dengan tanggal 30 Romadhon 1431 H saya mendapatkan hadiah buku ini dari seorang teman SMA. Buku ini sangat menarik dibaca oleh samua kalangan ummat Islam. Dengan gaya bahasanya yang khas, Hasan Al Banna mencoba mengajak pembaca berselancar menuju perbaikan diri, amal shalih, dan peeerjuangan di jalan Alloh SWT.

Sabtu, 11 Februari 2012

Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rosululloh

Buku karya Khalid Muhammad Khalid ini sangat asyik untuk dibaca, dikaji, dan ditelaah. Penulis buku ini berhasil membawa pembaca menghayati liku-liku kehidupan para sahabat Rosululloh 15 abad yang lalu. Penulis buku ini mampu "membacakan" fakta historis dalam bahasa yang mudah dipahami dan menarik, seakan-akan kita berada bersama para sahabat. Pembaca akan memperoleh gambaran yang konkrit tentang kesungguhan berjuang, sikap hidup dan pandangan serta proses pembinaan pribadi para sahabat langsung dari Rosululloh SAW.

Jumat, 10 Februari 2012

De Winst

Inilah Novel De Winst. Salah satu karya Afifah Afra yang saya sukai. Masih ingat dalam pikiran saya. Saya mendapatkan novel ini secara gratis dari beliau sendiri plus tanda tangan beliau langsung di tempat. Waktu itu saya masih ingat, tepatnya tanggal 25  Mei 2008 di Gramedia Semarang beliau sedang mengadakan bedah buku ini. Waktu itu saya masih duduk di semester ke 4 kuliah di UNDIP. Saya mendapatkan buku ini secara gratis dari beliau karena saya berpartisipasi dalam bertanya kepada beliau di sesi tanya jawab. Buat mabak Afifah Afra saya ucapkan Jazakillah khoir...

Sirah Nabawiyah



Perjalanan hidup Rasulullah adalah lautan luas yang membentang, dengan kebeningan airnya yang kebiruan. Di sana tersimpan pesonaalami nan abadi. Tiada mata yang bosan memandang. Tiada hati yang  jemu  menikmati . Tiada berhenti orang menyelami.Karena sosok beliau, adalah pesona sepanjang masa.
Buku Sirah Nabawiyah ini mencoba menyajikan pesona-pesona itu. Sebagai buku yang berhasil meraih juara satu lomba karya tulis tentang sirah Rasulullah, yang di prakarsai Rabithah Al-Alam Al-Islami. Tidak mengherankan jika karya ini juga memiliki pesona tersendiri.

Wisuda ke 122 Universitas Diponegoro Semarang (April 2011)



Yaa Alloh, Izinkan Hamba-Mu ini Bertaubat Nasuha

Assalamu'alaykum ...


Sobat Blogger yang di rahmati Alloh..tentunya dalam hidup ini kita sebagai manusia tidak luput dari yang namanya dosa. Ya, dosa. Sebuah kata yang sudah tidak asing bagi kita semua dan semua orang di dunia ini pasti pernah melakukan perbuatan dosa walaupun sekecil apapun, kecuali para Nabi dan Rosul yang telah di jaga oleh Alloh dari melakukan perbuatan dosa (ma'sum).  


Dalam menjalani hidup ini, kita sebagai ummat Islam wajib berpegang teguh terhadap ajaran Islam sesuai syari'at. Maka dari itu pesan dari Rosullloh ketika beliau hendak wafat adalah agar kita sebagai ummat beliau senantiasa berpegang teguh pada Al Qur'an dan As Sunnah agar kita selamat dunia dan akhirat.

Rabu, 08 Februari 2012

Tradisi 14 Februari

Assalamualaykum sobat blogger...


            Hmm..ini sudah bulan Februari...ya..bualn Februari memang hanya sekedar bulan saja. Tapi ketika sudah muali mendekati tanggal 14, para ABG alias Anak Baru Gede (Remaja) pada sibuk sendiri. Mereka bilang mau persiapan menyambut Hari Valentine atau bahasa gaulnya "Valentine's Day". Ya, sebuah tradisi barat yang mulai masuk di belahan bumi timur khususnya di Indonesia sekitar tahun 1980-1990 an. Sebuah tradisi yang "katanya" merupakan hari dimana untuk mengungkapkan kata kasih sayang kepada orang yang dicintainya..(I Love You, Aku Cinta Kamu, dan kata2 lain yang sejenisnya). Tidak jarang pula, pada hari itu juga dirayakan secara "glamour", hura-hura, pesta-pesta, bahkan yang lebih parah lagi adalah menuju pergaulan bebas antara pria dengan wanita yang menjurus pada sex bebas (free sex) untuk melampiaskan rasa kasih sayangnya.

Oh...Ikhwan



Oh.. Ikhwan
Apa bedanya dengan Si Marwan
Si Ali, Paijo atau Si Iwan
Oh ternyata Cuma beda sebutan

Oh.. Ikhwan
Walaupun tidak terlalu rupawan
Alias modal tampang pas-pasan
Tetep aja tebar senyuman

Selasa, 07 Februari 2012

Say "No To Valentine's Day"



sumber : www.dewandakwah.com

Dalam suasana hidup yang serba maju-modern dan berkembang dengan teknologi-canggih, cukup memberikan pengaruh kepada kehidupan umat manusia. Ada manusia yang kuat pendiriannya, tidak mudah dipengaruhi dengan berbagai godaan duniawi, dan ada yang mudah tergoda karena dorongan hawa nafsu duniawi.
Bagi umat Islam yang membaca Al-Qur'an dan Al-Hadits Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wasallam, maka sikap hidupnya tidak mudah terombang-al-nbing oleli perkembangan care berpikir manusia yang bebas dari pengaruh agama.

Senin, 06 Februari 2012

Coretan Semangat

Salam....

Waduh...udah lama baget saya ga liat blog ini..padahal baru buat bulan kemaren. itupun isinya cuma salam kenal saja.. intinya aku belum nulis apa2 di blog ini..(gubrak..capek dech...).. sebenarnya buat blog ini cuma sekedar iseng2 aja, buat latihan nulis2 gitu..tapi di tengah jalan jadi bigung dech mau nulis apa..(emang ga bakat nulis kaleeeee..). Setelah bisa buat blog ini,masalah yang laen mncul. mulai bingung desain blog yang menarik lah, isinya apalah, yang mau ditulis apalah, dan bla..bla..bla.. masalah yang laennya..(bingung maw nyebutin satu persatu). Tapi yang meneurutku jadi masalah paling besar adlah " AKU TIDAK BISA MENDESIGN INI BLOG AGAR MENARIK SEPERTI BLOG-BLOG YANG LAIN".. sudah nyari2 panduan blogging lewat internet, tetep aja ga biasa..(mungkin aku GAPTEK kale... alias GAGAP TEKNOLOGI)..huffffff... rasanya capek sekali cuma mikirin desain blog yang ujung2nya malah jadi males nulis..

About Me

Foto saya
Assalamu'alaykum.. Fitrianto seorang pemuda berasal dari Sragen, Jawa Tengah. Menyelesaikan pendidikan Sarjana Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro tahun 2011

Jam

Diberdayakan oleh Blogger.

Bersama Dakwah

Perbankan Syariah