Selasa, 21 Februari 2012

Tarbiyah Dzatiyah



           Buku ini saya beli kira-kira pada akhir tahun 2009. Apa sih pengertian tarbiyah dzatiyah? Dan mengapa perlu melakukannya? Kira – kira inilah tema yang diangkat Abdullah bin Abdul Aziz Al-Aidan dalam bukunya yang satu ini. Dan memang hal seperti ini penting untuk dibahas secara lebih mendalam. Buku ini menjelaskan bagaimana seseorang dapat dan disarankan untuk mentarbiyah (melakukan pembinaan) terhadap dirinya sendiri, bukan dari orang lain. Tentu pengertian tersebut membuka cakrawala berpikir yang selalu terpaku dengan pikiran “pembinaan dari orang lain atau lingkungan” dan memunculkan seribu satu pertanyaan mengenai tarbiyah dzatiyah itu sendiri. Maka dari itu buku ini mengulas dan memaparkan seputar tarbiyah dzatiyah secara cukup lengkap.


Buku ini membahas mengenai definisi dan urgensi tarbiyah dzatiyah. Mengapa tarbiyah dzatiyah itu perlu dilakukan oleh setiap muslim dan mengapa zaman sekarang banyak muslim yang tidak terlalu perduli dengan tarbiyah dzatiyah. Semua hal ini diulas dengan bahasa yang efektif, jelas, dan singkat. Namun sayang, kurang pemberian contoh dalam kehidupan nyata yang dialami muslim zaman sekarang. Dan tentu saja buku ini juga membahas mengenai sarana – sarana dalam melakukan tarbiyah dzatiyah dengan disertai dalil – dalil yang cocok. Dan di akhir buku, terdapat penjelasan mengenai buah dari tarbiyah dzatiyah sehingga dapat memotivasi diri kita untuk segera melakukannya.



Tarbiyah Dzatiyah penting untuk diri setiap muslim karena dapat meningkatkan potensi dan kualitas diri. Tentu saja harus dilakukan secara berkesinambungan karena pembinaan tidak bisa dilakukan secara instan dan sebentar. Maka dari itu buku ini penting untuk dibaca semua muslim, terutama para remaja. Karena pembinaan yang baik adalah pembinaan yang dimulai sejak dini.


1 komentar:

yusuf-istiqomah mengatakan...

Alhamdulillah sudah baca

Posting Komentar