Rabu, 21 Maret 2012

semPATIn Sholat


Beberapa waktu lalu saya melihat gambar yang menarik di dalam akun facebook teman saya. Gambar tentang salah satu iklan kartu perdana telepon seluler yang terkenal di Indonesia. Namun gambar iklan tersebut “diplesetkan” menjadi lebih kreatif dan bermakna pesan kebaikan. Pesan tentang agar kita jangan sampai sekalipun meninggalkan sholat wajib 5 waktu dalam keadaan apapun dan sesibuk apaun kita. Iklan tersebut bertuliskan “semPATIn sholat”. Sempat tersenyum lebar sendiri ketika saya pertama kali melihat dan membacanya. Sebuah pesan ajakan untuk selalu menjaga sholat 5 waktu dengan gaya bahasa yang ringan namun berat akan makna.


Posting kali ini tiada maksud sedikitpun untuk menggurui apalagi berniat untuk membuat tersinggung siapapun. Tulisan ini saya maksudkan sebagai peringatan bagi diri saya sendiri agar bisa menjaga amanah dari Allah dan Rosulnya. Amanah yang besar dan berat. Saking pentingnya perintah shalat lima waktu, Allah memanggil langsung Nabi Muhammad dalam peristiwa Isra’ Mi’roj. Jadi tulisan ini sebagai referensi saya sendiri dalam menjaga dan memelihara arti dan makna penting pelaksanaan shalat. Semoga dengan tulisan ini bisa memompa semangat ibadah kepada Allah menuju jalan yang lebih baik.

Shalat adalah aktivitas ibadah bagi ummat Islam. Shalat yang wajib dalam sehari semalam adalah shalat lima waktu. Wajib artinya bagi ummat Islam yang telah mencapai umur baligh. Shalat lima waktu tersebut adalah Isya', Shubuh Dzuhur, Ashar’ dan Maghrib.  Awal shalat ditandai dengan berkumandangnya azan, tetapi pasar, perkantoran, terminal serta tempat-tempat lain masih saja hiruk pikuk dipenuhi dengan umat muslim. Mereka tidak bergegas memenuhi panggilan azan ini, bahkan ada juga yang melalaikan sholat lima waktu. Menunaikan shalat tepat waktu berarti melatih diri untuk disiplin. Bila kita mulai dari disiplin shalat, maka kita akan terbiasa melakukan disiplin-displin dalam kegiatan lainnya. Shalat tepat waktu bisa menjadi ukuran disiplin bagi seorang muslim. 

Sholat ini adalah sesuatu yang sangat penting. Bahkan Nabi SAW pun sampai menerangkan betapa arti penting sholat ini dalam beberapa hadits. Yang beberapa diantaranya menerangkan bahwa sholat itu amalan yang pertama kali di hisab di akhirat kelak, sholat adalah tiang agama, sholat itu batas (yang membedakan) antara keimanan dan kekafiran seseorang.

Dari Abu Hurairah -radhiallahu anhu- dia berkata: Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda:
“Sesungguhnya yang pertama kali akan dihisab dari amal perbuatan manusia pada hari kiamat adalah shalatnya. Rabb kita Jalla wa ‘Azza berfirman kepada para malaikat-Nya -padahal Dia lebih mengetahui-, “Periksalah shalat hamba-Ku, sempurnakah atau justru kurang?” Sekiranya sempurna, maka akan dituliskan baginya dengan sempurna, dan jika terdapat kekurangan maka Allah berfirman, “Periksalah lagi, apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah?” Jikalau terdapat shalat sunnahnya, Allah berfirman, “Sempurnakanlah kekurangan yang ada pada shalat wajib hamba-Ku itu dengan shalat sunnahnya.” Selanjutnya semua amal manusia akan dihisab dengan cara demikian.” (HR. Abu Daud no. 964, At-Tirmizi no. 413, An-Nasai no. 461-463, dan Ibnu Majah no. 1425. Dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 2571)

Rosululloh SAW bersabda : "Shalat adalah tiang agama, barang siapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agama" (HR. Baihaqqi) 

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 
“(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257) 

Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, An Nasa’i, Ibnu Majah. Dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani. Lihat Misykatul Mashobih no. 574)

Pada masa pemerintahan Khalifah Usman bin Affan, beliau juga pernah memesankan perihal mengenai sholat. Adapun pesan dari beliau adalah sebagai berikut.
 “Orang-orang yang memelihara shalat lima waktu dan mengerjakannya tepat pada waktunya, maka Allah akan memuliakan orang itu dengan sembilan macam kemuliaan:
1.    Dicintai Allah
2.    Badannya senantiasa sehat
3.    Dijaga oleh Malaikat
4.    Diturunkan berkah untuk rumahnya
5.    Mukanya akan kelihatan tanda orang yang shaleh
6.    Allah akan melembutkan hatinya
7.    Dapat melalui jembatan Shiratal Mustaqim layaknya seperti kilat
8.    Akan diselamatkan dari api neraka
9.    Allah akan menempatkannya ke dalam golongan orang-orang yang tidak takut dan bersedih

Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama berusaha maksimal untuk memperbaiki shalat kita karena ketahuilah bahwa amalan yang pertama akan dihisab oleh Allah di akhirat nanti adalah shalat. Dan kita memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala dari kehinaan dan kondisi orang-orang yang di siksa Allah SWT karena lalai dari mengerjakan shalat.
Wallohu’alam.
Dikutip dari beberapa sumber.

6 komentar:

Irham Sya'roni mengatakan...

Wah, sempat terkecoh nih aku. Kirain tadi gambar iklan salah satu operator selluler, eee setelah saya plototi ternyata plesetan gambar, dgn pesan penting agar kita sholat. hehe... makasih mas

Fitrianto mengatakan...

Awalnya saya juga gitu mas..Lucu tapi penuh pesan makna yang bagus..Oke sama2 mas

Xpresi4share N Software Pro mengatakan...

Bagus bang gambarnya, apalagi pesan sholatnya sempetin 5 waktu, ane sih masih belangbentong hihihi..

Lentera Langit mengatakan...

sang pembuat gambar sangat kreatif..., thx sdh mengingatkan..., :)

Fitrianto mengatakan...

@ Xpres: Terimaksih..sama2. semoga bermanfaat

@ Lentera: Gambarnya ngambil dr orang lain koq..menasihati dlm kebaikan itu perlu kreatifitas :)

Muhammadiya Rifqi mengatakan...

IJIN copy yah buat banner trims

Posting Komentar