Senin, 30 April 2012

Hmmm..Markisa :)

Beberapa bulan ini, di halaman belakang rumah banyak buah markisa yang sudah masak.. Ini pertama kalinya pohon markisa ini berbuah setelah hampir 1 tahun di tanam. Memang sih, buah ini tergolong cepet pertumbuhannya, jika perawatannya baik. Awalnya saya penasaran seperti apa sih bentuk buahnya, rasanya, khasiatnya?? Biasanya mengkonsumsi buah ini hanya berupa sirup saja.  Ehmmm...jadi penasaran.





Nah..gambar di atas itu yang namanya buah markisa...hehehe lucu ya.bentuknya :). Markisa tergolong jenis buah yang merambat, jadi harus pandai-pandai mrewatnya. Memang buah markisa itu kalo berbuah buanyak banget... Untuk membedakan yang sudah masak atau belum gampang aja. Yang warnanya sudah kekuning-kuningan berarti itu yang sudah masak. Untuk yang masih hijau keputih-putihan berarti itu masih muda. Kalo pengen yang bener-bener masak, tunggu saja markisanya sampe jatuh ke tanah. Dijamin dech..itu sudah muaaasak sekali.. Untuk markisa yang ditanam di rumah saya, tergolong markisa yang jenis markisa kuning. Di Indonesia terdapat 4 (emapat) jenis markisa;
  1. Markisa Ungu (Passiflora eduils var, eduils)
  2. Konyal (Passiflora lingularis)
  3. Kuning (Passiflora eduils var flavicarpa)
  4. Erbis (Passiflora quadrangularis)
Untuk rasa, emang markisa itu tergolong buah yang berasa masam/kecut karena banyak mengandung vitamin C dan A. Terus gimana cara membuatnya? Gampang aja. Kalo saya sederhana saja jika mau mengkonsumsi buah ini. Belah buah markisa dengan pisau,  kemudian tuangkan seluruh isi buah dalam gelas. Terakhir, tinggal seduh dengan air dingin atau hangat sesuai selera. Bagi temen-temen yang ga suka rasa kecut/masam, bisa juga ditambahkan gula pasir sesuai selera. Untuk hasil yang terbaik, bisa juga diblender untuk menghilangkan bijinya. Mengkonsumsi buah markisa lebih enak jika di buat minuman. Sesuaikan dengan kondisi waktu. Jika ingin minum di pagi atau malam hari, lebih enak diseduh dengan air hangat, untuk siang hari gunakan dengan air dingin dengan es . Untuk rasanya, hmmm..mak-nyusss dech pokoknya.. :)



Markisa ternyata juga mempunyai banyak khasiat, antara lain; pereda nyeri, anti kejang,kolitis, penenang, antiradang, sembelit, disentri, insomnia, gangguan haid, batuk, serak, tenggorokan kering, merilekskan saraf saat sakit kepala,  meredakan diare, menyembuhkan alergi kronis, meningkatkan kekebalan tubuh, dan kekuatan antibodi dalam darah. Wah..banyak juga ya khasiatnya?? Bahkan yang lebih penting, menurut penelitian invitro di University of Florida  juga mendapati bahwa ekstrak buah markisa yang berwarna kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker. Subhanalloh... Nah..untuk temen-temen silakan mengkonsumsi buah markisa ini dan rasakan khasiatnya.. :)


Refrensi:




2 komentar:

Muro'i El-Barezy mengatakan...

kalo ane makan markisa langsung dibelah dicampur gula pasir, enak deh...

vian piri mengatakan...

Thanx atas infonya.... di rumah saya buah markisanya juga baru berbuah jadi agak bingung untuk cara konsumsinya. God Bless

Poskan Komentar