Sabtu, 26 Mei 2012

Rojab, Sya'ban, Ramadhan

Assalamu'alikum...Apa kabar sahabat?? Hm..tak terasa sekarang sudah memasuki bulan Rajab. Sebentar lagi juga akan datang bulan Sy'aban. Itu artinya???? Marhaban Yaa Ramadhan...!! Ya..insya Alloh kurang dari dua bulan lagi kita akan memasuki bulan yang penuh rahmat, bulan penuh ampunan, bulan penuh keberkahan.., yaitu bulan Ramadhan..Yaa Alloh sampaikanlah usia kami untuk merasakan nikmatnya "jamuan agung"-Mu di bulan yang suci nan mulia itu. Karuniakanlah kami kesempatan sekali lagi untuk merasakan keberkahan, rahmat, serta maghfirah-Mu di bulan Ramadhan tahun ini..

Maka dari itu sahabat, marilah kita senantiasa memohon kepada Alloh SWT agar Ia memberikan kesempatan kepada kita untuk merasakan keberkahan di bulan Ramadhan tahun ini. Oleh karena itu kita tidak ingin kesempatan Ramadhan tahun ini terlewat begitu saja bukan?? Maka dari itu, mulai dari sekarang ayo sama-sama kita mempersiapkan diri ini untuk menyambut bulan agung ini jauh-jauh hari. Mumpung ini masih dalam bulan Rojab, mari kita persiapkan mulai saat ini. Persiapan kita dalam menyambut Ramadhan dapat bermacam-macam; mulai dari persiapan fisik (jasadiyah), ilmu (fikriyah), ruhiyah, serta persiapan harta (maaliyah).


  • Persiapan Fisik (jasadiyah). ini dapat berupa persiapan latihan fisik kita dalam menghadapi shaum bulan Ramadhan. Mari kita latih fisik kita dari sekarnag untuk terbiasa olahraga, puasa sunnah. Sehingga nantinya ketika kita sudah memasukki bulan Ramdhan, fisik kita sduah tidak "kaget" lagi karena sudah dilatih jauh-jauh hari.
  • Persiapan ilmu (fikriyah). Alangkah baiknya kita dari saat ini kita mempersiapkan ilmu-ilmu tentang bulan Ramadhan. Walaupun kita sudah sering mendengarnya, alangkah baiknya kita membuk-buka kembali buku  ilmu tentang Ramadhan. Seperti; kewajiban shaum Ramadhan, amalan-amalan bulan Ramdhan, hal-hal yang membatalkan shaum dan sebagainya. Sehingga nantinya kita sudah siap ketika menyambut bulan Ramadhan dan sudah paham akan ilmunya.
  • Persiapan ruhiyah. Mulai dari sekarang cobalah untuk kembali menghidupkan amalan-amalan Ramadhan seperti tilawah Al Qur'an serta amalan-amalan sunnah lain yang dapat dijadikan bekal ketika nanti sudah memasukki bulan suci Ramadhan. Sehingga nantinya Ramadhan kita tahun ini dapat menjadi lebih berkah.
  • Persiapan Harta (Maaliyah). Bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan, penuh pelipatgandaan amalan kita. yang sunnah dihitung wajib. sedangkan yang wajib dilipatgandakan oleh Alloh SWT. Subhanalloh...salah satu persiapan yang perlu dalam menyambut Ramadhan dalah harta. Tentunya dalam bulan Ramadhan jangan sampai kita "menyia-nyiakan" harta kita. Persiapkanlah harta kita untuk beramal di bulan Ramadhan; infaq, sedekah, zakat fitrah.
Oleh karena itu sahabat.., marilah kita pergunakan kesempatan dalam bulan Rojab dan Sya'ban tahun ini sebagai bekal persiapan kita dalam menyambut bulan Ramadhan..Semoga Alloh SWT memberikan usia yang cukup agar kita dapat bertemu dengan bulan yang agung, bulan penuh berkah dan maghfirah; Ramadhan..Amiiin



Sekejab datang membawa nampan
sebentuk  pandan dan aneka buah
Rajab datang untuk persiapan
untuk ramadhan yang lebih barakah..


Refrensi:




7 komentar:

Hanan Muhardiansyah mengatakan...

Gak kerasa bentar lagi bulan puasa y.. semoga Allah selalu melimpahkan rahmat-Nya kpd kita.. aamiin

Teguh Kurnaen mengatakan...

iya ya, sebentar lagi udah mau bulan puasa lagi, semoga diberi kesehatan untuk bisa beribadah dengan lancar. :D
event: menulis di blog dapet android, ikutan yuk!

Fitrianto mengatakan...

@ Hanan & Teguh : Semoga usia kita disampaikan untuk berjumpa di bulan Romadhon tahun ini..Amiin.. Terimakasih sdh berkunjung

Darmawan Saputra mengatakan...

wah .. keren abis artikelnya sangat bermanfaat sekali.. :)


#Semoga sehat selalu :D

Wawan Gunawan mengatakan...

Kunjungan pertama di blog ini, tolong dilike ya, artikel yg menarik semoga makin rame pagenya :)

Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

Senjha Az-Zahra mengatakan...

wah masuk blog antum. langsung dapetin tulisan ini.. ternyata ini postingan 1 tahun kemarin..
semoga di pertemukan dg Ramadhan..

*btw, mau salah fokus nih.. alhamduillah bisa ngotak-ngatik blog. walaupun amatir banget. hehe.. >_<

Fitrianto mengatakan...

@ Senjha: hehehehe.. alhamdulillah yah...
amiin semoga kita dipertemukan dg Ramadhan tahun ini..

Posting Komentar