Sabtu, 03 Maret 2012

Sholat Shubuh Berjamaah ???

Suatu pagi hari waktu shubuh dalam sebuah kontrakan kecil di sekitar kampus yang ada di kota Semarang..Seorang mahasiswa ikhwan yang sudah tingkat akhir bangun untuk mengambil air wudhu. Kemudian dengan segera membangunkan rekan-rekan nya yang masih terlelap dalam indahnya mimpi dalam tidur... Tok...tok..tok.., suara pintu kamar di ketuk ikhwan yang sudah bangun tadi. 

"Akhi..., ayo bangun, kita sholat shubuh berjama'ah di masjid".. 

Satu persatu pintu kamar di kontrakan tadi di ketuk ikhwan itu semuanya...Tak ada suara balasan yang menjawab. Hanya terdengar suara lirih kecil yang terdengar malas-malasan ketika menjawabnya..

"Arghhhhh...masih ngantuk mas, lagian masih dingin pula udaranya. Duluan saja mas, ntar saya nyusul".. jawab dari seorang rekannya.
"Ayolah kita sholat shubuh di masjid dengan saya, langsung bangun saja.".ikhwan tadi membalasnya.


Sambil memaksa dengan menepuk-nepuk badan dari rekannya tadi, ikhwan itu sepertinya masih tetap memaksanya untuk segera bangun tidur guna segera menunaiakn kewajiban sholat shubuh berjama'ah di masjid. Akan tetapi, usaha dari ikhwan tadi sepertinya sia-sia saja, tak ada satupun rekannya yang terbangun untuk mengikuti ajakannya. Terkadang di hari tertentu ada beberapa rekannya yang mau mengikuti ajakannya untuk sholat shubuh di masjid. Akan tetapi itu tidak rutin satiap hari. Begitulah seterusnya selama hampir setahun ikhwan itu tidak bosan-bosannya mengajak rekan-rekannya untuk sholat shubuh berjama'ah di masjid. Hampir setiap hari, setiap minggu, setiap bulan selama setahun. Walaupun hanya seorang diri ketika ia berangkat ke masjid untuk sholat shubuh, ia tetap berusaha mengajak rekannya yang lain meskipun terkadang semua rekannya tak satupun yang mengikutinya. Bilang mau nyusul ke masjid, namun sampai saholat selesai tak kunjung datang juga. Bahkan ketika balik ke kontrakannya pun, rekannya yang katanya mau nyusul shubuh ke masjid masih larut dalam tidur nyenyaknya yng panjang. Begitulah peristiwa setiap shubuh, hampir setiap hari, minggu, bulan, bahkan hampir satu tahun di sebuah kontrakan kecil di sudut pinggir kampus di kota Semarang.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------
Saudaraku... pernahkah kita mengalami kejadian seperti di atas tadi???? Sholat Shubuh berjama'ah???? Oh...tidakkkkkkkk.......Ya...Sholat Shubuh di masjid. Ya, sholat yang hanya terdiri dari dua rekaat saja. Suatu yang teramat sangat sulit dikerjakan oleh seseorang di waktu pagi hari yang masih buta, kecuali bagi orang-orang beriman yang mengetahui keutamaan sholat ini. Mungkin kebanyakan dari kita saat-saat itu adalah saat paling nyenyak untuk tidur, karena udara yang masih dingin menusuk tulang. Boleh saja di antara kita ada yang bertanya mengenai hal ini; Mengapa harus bangun pagi-pagi buta untuk menunaikan sholat ??? Pertanyaan ini mungkin untuk sebagian orang dianggap bodaoh dan nyleneh. Tapi untuk orang yang berfikir ilmiah, pertanyaan tersebut  adalah stimulasi ide besar untuk pembuktiannya. Kenapa harus dibuktikan ? Yang jelas tidak ada satu halpun yang Alloh dan Rosul-Nya perintahkan kepada ummatnya tanpa adanya manfaat dan hikmah di baliknya.

Jika kita memperhatikan, ternyata ada suatu hal yang berbeda antara sholat shubuh dengan sholat-sholat wajib yang lainnya. Dalam adzan sholat shubuh ada tambahan kalimat " Assholatu khoirum minannauum" yang artinya "Sholat itu lebih baik daripada tidur".

Memang banyak manfaatnya jikalau kita mengerjakan sholat shubuh tepat waktu. Mulai dari terbukanya peluang pintu rizki yang lebar hingga manfaat bagi kesehatan. Selain itu, hikmah dari mengerjakan sholat shubuh tepat waktu secara berjama'ah adalah sangat penting sekali. Ada beberapa ayat dan hadits tentang perintah sholat shubuh ini;
  • "Dirikanlah sholat dari sesuadah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) shubuh. Sesungguhnya sholat shubuh itu disaksikan (oleh malaikat). (QS.Al isra': 78)
  • Waktu sholat shubuh dari terbit fajar sampai terbit matahari. (HR. Muslim)
Adapun tentang keutamaan tentang sholat shubuh dari sisi agama adalah sangat luar biasa;
  • "Barangsiapa yang sholat Isya' berjama'ah, maka seakan-akan ia telah sholat tengah malam. Dan barangsiapa sholat shubuh berjama'ah (atau dengan sholat Isya', seperti yang tertera dalam hadits Abu Dawud & Tirmidzi), maka seakan-akan ia telah melaksanakan sholat malam satu malam penuh." (HR. Muslim)
  • "Barangsiapa yang sholat dua waktu yang dingin, ia akan masuk surga." (HR. Bukhari). NB: dalam Fath Al Bari disebutkan bahwa yang dimaksud sholat dua waktu yang dingin adalah sholat shubuh dan ashr.
  • Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan menuju masjid dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat." (HR. Abu Dawud, At Tirmdzi, Ibnu Majjah). NB: yang dimaksud adalah sholat Isya' dan Shubuh.
  • Dari Jarir bin Abdulah: "Kami sedang duduk bersama Rosululoh SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata; "Sungguh, kalian akan melihat Robb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhadang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan sholat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah." (HR. Bukhori & Muslim).
Adapun jika kita melalaikan sholat shubuh dengan sengaja, maka kesengajaan itu adalah bukti dari sifat kemunafikan. Hal ini berdasarkan sumber sebagai berikut;
  • "Sesungguhnya, sholat yang paling berat bagi orang munafik adalah sholat Isya' dan sholat shubuh. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya sekalipun dengan merangkak. Sunnguh aku ingin menyuruh melaksanakan sholat, lalu sholat itu ditegakkan, kemudian aku perintahkan seseorang untuk mengimami sholat bersama orang-orang. Kemudian beberapa lelaki berangkat bersamaku dengan membawa kayu yang terikat, mendatangi suatu kaum yang tidak menghadiri sholat berjamaah, sehingga aku bakar rumah mereka." (HR. Bukhari & Muslim)
  • "Sungguh dua sholat ini (Shubuh dan Isya') adalah sholat yang paling berat bagi orang munafik. Sesungguhnya apabila mereka mengetahui apa yang ada dalam sholat Shubuh dan Isya', maka mereka akan mendatanginya, sekalipun dengan merangkak." (HR. Ahmad dan An-Nasa'i)
Adapun dari sisi medis atau kesehatan jika kita bangun pagi buta dalam rangka mengerjakan sholat shubuh berjama'ah adalah:
Aktivitas bangun pagi dalam rangka sholat shubuh dengan berjalan kaki ke masjid dapat meningkatkan kadar Nitrit Oksida dalam pembuluh darah, sehingga oksigen ke otak juga bertambah akibat melebarnya pembuluh darah otak dan yang pasti trombosit dicegah untuk saling menempel, sehingga pembuluh darah tidak sempit. Aktivitas mengejan yang ditimbulkan pada gerakan ruku' dalam sholat dapat meningkatkan tonus syaraf parasimpatis yang melawan efek syaraf simpatis yang dapat mencegah proses gangguan pada sistem kardiovaskular dalam tubuh. (mujizatalquran.com)

Wahai saudaraku...masih akan bermalas-malasan kah kita mengerjakan sholat shubuh.  Lihatlah manfaat jika kita mengerjakan sholat shubuh. Dan lihat pula dengan ancamannya, jika kita melalaikannya dengan sengaja..
Marilah saudaraku seiman, jagalah sholat shubuh kita jika tidak ingin digolongkan ke dalam golongan orang-oramg munafik.

Wallohu'alam bishowwab...


4 komentar:

Fahrie Sadah mengatakan...

Betul sekali, kebangkitan Islam di suatu wilayah bisa di lihat dari banyaknya jama'ah shubuh di mesjid..

Fitrianto mengatakan...

Yup..benar sekali bang..

Andro Bhaskara mengatakan...

terkadang kita mengetahuinya, tapi tidak melaksanakannya... Semoga kita terlindung dari tipu daya syetan yang menyesatkan... :)

Fitrianto mengatakan...

@ Andro: Amiin..terimaksih sdh berkunjung. Salam kenal dan silaturahim :)

Posting Komentar