Minggu, 14 April 2013

Cinta, Kerja, dan Harmoni

Terinspirasi oleh sebuah tagline dari partai politik di Indonesia, saya ingin berbagi cerita saja di dalam blog ini. Tagline yang menurut saya sangat penuh makna dan cita - cita. "Cinta, Kerja, dan Harmoni". Tiga kata yang indah. Itulah yang bisa saya katakan terhadap tagline salah satu partai politik di negeri ini.  Sebuah tagline yang insya Alloh dapat menjadikan ruh semangat bagi para kader penggerak partai ini serta menjadikan bangsa ini lebih baik dari sebelumnya.. Amiin.

Manusia di dunia ini lahir tak lepas dari salah satu fitrahnya, yaitu "cinta". Ya, cinta merupakan fitrah dari Alloh SWT yang diberikan kepada setiap manusia di bumi ini.. Tanpa cinta mungkin dunia ini sudah tiada lagi  penghuninya.Tanpa cinta, mungkin negeri ini sudah hancur. Islam mengajarkan tentang arti cinta sebagaimana tertulis dalam Al Qur'an :


Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalangan kamu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti (kemauan) kamu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu akan mendapat kesusahan tetapi Allah menjadikan kamu cinta kepada keimanan dan menjadikan iman itu indah dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus,(Al Hujurat :7).


 Tanpa cinta, mungkin politik di negeri ini akan hancur. Saya boleh sedikit menangkap arti dari tagline "cinta" dari pemimpin partai politik ini, Ust. Muhammad Anis Matta. Bahwa beliau menginginkan agar unsur cinta di bawa dalam ranah politik di negeri ini. Sehingga nilai-nilai politik di negeri ini akan penuh cinta, selaras dengan jalan kebenaran, dan yang paling penting adalah memperoleh ridho Alloh SWT. Sehingga politik jahiliyah dan kotor yang sekarang masih jelas kita lihat akan terhapus dan pudar dengan sendirinya jika "politik cinta" ini benar-benar di jalankan di negeri ini.

Sebagaimana cinta yang ingin dibawa ke ranah politik oleh partai ini, kerja juga sangat penting peranannya dalam membangun negeri ini. Dengan semangat cinta yang telah ditanamkan dalam diri kader, maka untuk membuktikannya adalah dengan bekerja. Tanpa kerja bangsa ini akan statis, bahkan boleh jadi mengalami kemunduran. Tagline kedua partai politik yang dipimpin oleh Ustadz Anis Matta ini adalah "kerja". Ya, kerja merupakan salah satu nilai yang di ajarkan oleh Islam. Kerja dalam hal ini bisa diartikan bekerja untuk melayani masyarakat dan negeri. Islam sangat menganjurkan ummatnya agar rajin dalam bekerja.

 “Bekerjalah kamu, maka Allah dan RasulNya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakanNya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan” (At-Taubah: 105).

Kerja yang diinginkan dari partai politik ini adalah kerja yang ikhlas hanya mengharap ridho Alloh SWT. Baik ada pemilihan umum maupun tidak ada pemilihan umum akan tetap bekerja untuk masyarakat dan negeri ini.

Tagline terakhir dari partai politik ini adalah "harmoni". Ya, sebuah kata yang tepat untuk menggambarkan keberagaman bangsa Indonesia ini. Ada 17.000 lebih pulau di negeri ini, 360 lebih suku bangsa dan bahasa daerah yang menempati negeri ini, serta bermacam-macam keberagaman yang lain yang membauat bangsa ini semakin berwarna. Kalau tidak terjaga dengan baik, maka bangsa ini akan terpecah belah ke dalam beberapa negara seperti Uni Sovyet. Tentunya kita tidak ingin seperti itu. Maka satu hal yang cerdas dari Ustadz Anis Matta adalah dengan memasukkan unsur kata harmoni di salah satu tagline partai politik ini. Hal ini sangatlah penting mengingat kondisi bangsa Indonesia yang sangat beraneka ragam (majemuk). Sehingga beliau ingin menjadikan keberagaman bangsa ini sebagai sesuatu yang indah dengan cara meng "harmoni" sasi kan agar tetap utuh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pesan yang sebenarnya yang ingin beliau sampaikan mungkin adalah ukhuwah (persatuan). Persatuan yang tidak sebatas kesamaan negara saja, melainkan persatuan karena persamaan aqidah Islam. Nilai - nilai harmonisasi dalam Islam dapat kita lihat dari ajaran Al Qur'an:


Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal” (Al-Hujurat: 13)

Oleh karena itu sudah selayaknya  kita memperbaiki sifat cinta dalam diri ini agar selalu berada di jalan yang benar sesuai syariat dan tutunan Alloh SWT dan Rasul Muhammad SAW. Buktikan cinta kita ini dengan bekerja. Bbekerjalah kita untuk melayani masyarakat dan bangsa ini dengan ikhlas hanya mengharap ridho dari Alloh SWT. Islam sangat menganjurkan agar ummatnya bekerja keras. Selain itu yang tak kalah pentingnya adalah menjaga ukhuwah (persatuan) di antara kita bangsa Indonesia dan ummat Islam di mana saja berada. Semoga tagline partai politik ini tidak hanya sebatas kata-kata saja, melainkan bisa dilaksanakan secara nyata di masyarakat dan negeri ini. Mari kita tunggu selanjutnya...

Salam Cinta, Kerja, dan Harmoni..



3 komentar:

BlogsOf Hariyanto mengatakan...

sepertinya ada yang terlupa oleh anis matta, yaitu rasa syukur, mengsyukuri segala nikmat yang diperoleh dari ALLAH SWT bisa menghindarkan kita dari sifat tamak dan haus akan kekuasaan ...salam :-)

PKS KABUPATEN TEGAL mengatakan...

jazzakallah telah menjabarkan tagline PKS, ijin share ya.. :)

Fitrianto mengatakan...

@ Hariyanto : terimaksih sdh berkunjung serta nasihatnya..

@ PKS Tegal: silakan kalau mau di share..semoga bermanfaat..

Poskan Komentar